Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Pilihan Aplikasi Terbaik untuk Menyimpan Foto Secara Online

Indri Penulis

Kamu mencari aplikasi terbaik untuk menyimpan foto secara online? Mungkin kamu bisa dapatkan rekomendasi aplikasinya di sini.

Foto adalah salah satu hal yang paling penting di kehidupan manusia. Apalagi di zaman serba canggih di mana kamera ponsel makin bagus kualitasnya, orang-orang jadi makin hobi foto.

Sayangnya kebanyakan foto juga bakal memenuhi memori penyimpanan HP. Untuk mengatasinya, orang-orang akhirnya memanfaatkan platform penyimpanan data online berbasis cloud. Dengan memanfaatkan platform ini, kamu bisa menyimpan banyak foto tanpa mengurasi kapasitas memori.

Kalau kamu bingung mencari tempat penyimpanan foto online terbaik, mungkin kamu perlu baca ulasan ini sampai selesai. Karena kami akan membeberkan aplikasi terbaik untuk menyimpan foto secara online.

Google Photos

Keunggulan aplikasi ini adalah kamu bisa mengunggah gambar secara otomatis. Itu artinya, kamu tidak perlu khawatir kalau gambarmu tersimpan atau tidak.

Google Photos adalah salah satu fasilitas penyimpanan foto online terbaik. Walau begitu, aplikasi ini punya beberapa batasan. Kamu cuma bisa mengunggah gambar dengan resolusi dan ukuran maksimum 16MP. Kalau ukurannya lebih besar, ukuran gambar akan dikecilkan. Selain itu, kapasitas penyimpanan maksimum Google Photos hanya 15GB.

Tapi kalau kamu ikut paket berlangganan, kamu batas maksimal untuk menyimpan foto ke Google Photos akan naik menjadi 100GB (menurut saya, ukuran seperti ini sudah cukup untuk menyimpan foto keluarga sih).

Google Photos mungkin bukan aplikasi penyimpanan foto terbaik untuk kalangan fotografer profesional. Tapi aplikasi ini cocok banget buat menyimpan foto-foto keluarga/foto piknik.

Microsoft OneDrive

OneDrive bisa dibilang sebagai tempat penyimpanan data online termurah, dibanding tempat penyimpanan data online lainnya. OneDrive juga bisa dipakai oleh pengguna Windows, macOS, iOS, Android, dll.

Untuk versi gratisan, OneDrive menyediakan kapasitas maksimal sampai 7GB. Sedangkan kalau kamu pakai yang versi berbayar, jelas akan ada beberapa keunggulan yakni menawarkan penyimpanan maksimal 107GB.

Tapi mau pakai versi apapun, OneDrive punya beberapa kekurangan. Contohnya OneDrive membutuhkan waktu sinkronisasi otomatis yang cukup lama, manajemen dokumen OneDrive di macOS masih terbatas, dll.

DropBox

Sejak awal, aplikasi Dropbox sudah menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Dropbox menawarkan penyimpanan cloud gratis, dan cocok banget buat menyimpan foto. Dropbox juga sangat sederhana sehingga mudah dipakai semua orang. Dropbox bisa menjadi pilihan terbaik untuk kalangan fotografer yang ingin menyimpan foto-foto mereka di folder.

Kamu bisa menikmati Dropbox lewat platform manapun. Aplikasi ini hadir di hampir semua OS populer seperti Windows, iOS, Android, macOS, Ubuntu, dll. Itu artinya, Dropbox menawarkan aksesibilitas yang mudah di semua perangkat.

Dengan Dropbox, kamu cuma perlu melakukan drag and drop untuk menyimpan gambar ke Dropbox. Kamu juga bisa mencadangkan foto iPhone ke Dropbox lho. Opsi ini cocok banget kalau penyimpanan di iCloud sudah penuh.

Sayangnya, Dropbox cuma menyajikan kapasitas penyimpanan standar 2GB. Dengan jumlah segitu, penyimpanan Dropbox bakal terasa gampang sesak. Apalagi kalau dipakai untuk menyimpan foto berukuran besar.

Sebenarnya Dropbox juga menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 18GB. Tapi untuk bisa menikmati kapasitas sejumbo ini, kamu perlu meng-invite 32 orang (1 orang = 500MB) untuk memakai Dropbox.

iCloud

iCloud berfungsi untuk menyimpan foto (melalui aplikasi Photos) atau file lainnya dan bisa disinkronisasikan dengan perangkat bikinan Apple lainnya. Apple juga mendesain agar iCloud bisa terhubung secara langsung dengan iTunes, supaya penggunanya bisaa menyimpan data musik ke dalam iTunes.

Sayangnya, Apple masih terkesan pilih-pilih dalam masalah penyimpanan data. Pengguna iCloud cuma bisa menyimpan data yang telah ditetapkan oleh Apple. Jadi nggak semua data bisa tersimpan di iCloud. Tempat penyimpanan data online ini cuma bisa dipakai oleh pengguna desktop Windows, Mac, dan perangkat iOS lainnya.

Kamu bisa menggunakan iCloud versi gratisan dan mendapatkan gratis kapasitas penyimpanan hingga 5GB. Tapi kalau kamu pakai yang versi berbayar, kamu bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan maksimal 55GB.

Flickr

Flickr adalah platform tempat berkumpulnya komunitas fotografer. Walau begitu, Flickr juga bisa dipakai untuk mencadangkan foto. Sayangnya, Flickr nggak mendukung file RAW.

Platform yang satu ini bisa kamu nikmati secara gratisan atau berbayar. Flickr versi gratisan hanya bisa dipakai untuk menyimpan maksimal 1000 foto. Kamu juga dibatasi hingga 200MB untuk foto, serta 1GB untuk video. Walau dibatasi, tapi ini bisa dibilang lumayan. Apalagi fotomu sudah mendapatkan eksposur.

Kalau yang versi berbayar, Flickr bisa dipakai untuk menyimpan foto/video dalam jumlah tak terbatas. Selain itu, Flickr berbayar juga menyajikan fitur unggah foto otomatis. Kamu bisa ikut program langganan bulanan atau tahunan.

Nah itu tadi beberapa pilihan aplikasi terbaik untuk menyimpan foto online. Gimana, kamu tertarik pakai yang mana?