Cara Mengatur Profil ‘Fokus’ di iPhone dengan iOS 15

fokus ios 15

Apple menambahkan Fokus (dalam Bahasa Inggris: Focus) sebagai salah satu fitur iOS 15 di iPhone. Kalau kamu masih belum memahami betul fitur satu ini, silakan simak tutorial ini.

Fokus merupakan fitur yang mengatur ijin munculnya notifikasi dari orang (kontak) atau aplikasi tertentu pada kondisi tertentu. Misalnya, kamu bisa mengijinkan notifikasi hanya dari aplikasi yang berkaitan dengan pekerjaan dengan profil ‘Kerja’.

Kamu bisa mengatur kondisi profil sesuai kebutuhan — misalnya dengan jadwal — dan bisa membuat profil baru. Secara bawaan, ada profil: Jangan Ganggu, Kantor, Pribadi, Tidur, Berkendara, Bermain Game, Kebugaran, Kesadaran, dan Membaca.

Menariknya lagi, Fokus juga bisa bekerja secara cerdas. Misalnya secara otomatis beralih ke profil Berkendara ketika kamu naik mobil atau motor. Dengan begitu kita tidak repot utak-utik terus.

Nah, mari kita lihat bagaimana Fokus bekerja.

Mengaktifkan Fokus

Kamu bisa mengaktifkan Fokus melalui Pusat Kontrol iPhone. Kalau kamu tekan lama, kamu bisa memilih profil mana yang akan aktif. Kemudian kamu juga bisa mengubah kondisi yang berlaku dengan menekan tombol menu ( ).

Cara Mengatur Fokus di iPhone

Untuk mengatur Fokus lebih jauh, kamu bisa menekan tombol ‘Pengaturan‘ di menu dari Pusat Kontrol. Selain itu, kamu juga bisa mengakses setelan itu lewat halaman Pengaturan > Fokus.

Ini cara mengatur Fokus di iPhone yang bisa kamu lakukan:

  1. Pilih salah satu profil atau tekan tombol + di pojok kanan atas untum menambah Fokus baru.
  2. Beri ijin pemberitahuan dari kontak:
    1. Tekan ‘Orang‘ di bagian ‘Pemberitahuan yang diijinkan’ untuk memilih kontak.
    2. Tekan tombol ‘Tambah’ untuk menentukan siapa yang bisa memunculkan notifikasi.
    3. Tentukan ijin telepon dengan pilihan ‘Panggilan dari’ di bagian ‘Ijinkan juga’.
  3. Beri ijin pemberitahuan dari aplikasi:
    1. Tekan ‘App‘ di halaman pengaturan profil Fokus, atau tekan tab itu di halaman ‘Pemberitahuan yang diijinkan’.
    2. Tekan tombol ‘Tambah’ untuk menentukan aplikasi yang bisa memunculkan notifikasi.
    3. Aktifkan ‘Sensitif Waktu’ jika ada aplikasi lain (di luar yang kamu tentukan) yang punya notifikasi penting ketika profil aktif.
  1. Tekan ‘Status Fokus’ di bagian ‘Pilihan’ untuk memberitahu orang lain (yang tidak masuk daftar) kalau kamu mengheningkan notifikasi (berlaku untuk aplikasi Pesan/iMessage).
  2. Pilih ‘Layar Utama’ untuk mengatur apakah ada Tanda Pemberitahuan di ikon aplikasi atau tidak dan memilih Halaman tertentu yang tampil ketika profil aktif (misalnya hanya halaman yang menunjukkan aplikasi olah raga untuk profil ‘Kebugaran’).
  3. Pilih ‘Layar Terkunci’ untuk meredupkan tampilan lockscreen dan menentukan apakah notifikasi dari aplikasi yang tidak diijinkan akan muncul atau tidak.
  1. Atur waktu aktif Fokus otomatis dengan tekan tombol + ‘Tambahkan jadwal atau otomatisasi’.
    1. Tekan salah satu pilihan: Waktu, Lokasi, atau Aplikasi jika otomatisasi berdasarkan itu.
    2. Pilih ‘Aktivasi Cerdas’ jika ingin iPhone mengatur jadwal yang relevan.

Itulah cara mengatur fitur Fokus di iPhone yang mulai hadir di pembaruan iOS 15. Fitur ini sangat menarik terutama kalau kamu memang mau memisahkan waktu untuk berbagai aktivitas.

Selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: