Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Mengatur Lock Screen iOS 16 Baru iPhone

Anom Penulis

Salah satu fitur unggulan di iOS 16 adalah pengaturan Lock Screen baru. Walau kita bisa membuatnya dengan cukup mudah, mungkin ada yang belum tahu. Oleh karena itu, di sini kami ulas cara mengatur Lock Screen baru iPhone.

Personalisasi untuk Lock Screen di iOS 16 merupakan pengalaman pertama bagi pengguna iOS. Sementara pengguna Android sudah merasakannya cukup lama. Apalagi mereka yang hobi mengoprek perangkat.

popculture.id

Walau begitu, cara Apple menangani kustomisasi ini cukup menarik. Seperti kita ketahui, ketika Apple menerapkan fitur atau teknologi yang sudah ada di platform lain, ada pendekatan yang berbeda.

Toh, pengaturan ini sangat sederhana. Mungkin sebenarnya bahkan tidak perlu ada tutorial soal Lock Screen. Tapi yah, siapa tahu ada yang butuh.

Oya, saya membuat tutorial ini menggunakan iPhone 8 Plus. Jadi, harap maklum jika ada fitur iOS 16 yang tidak ada di iPhone ini.

Mengatur Lock Screen Baru iPhone

1. Mengakses Pengaturan Lock Screen

Untuk membuat yang baru, kamu harus masuk ke Lock Screen terlebih dahulu.

  • Kalau layar kamu aktif atau kamu ada di Layar Utama, gesek layar dari atas ke bawah untuk masuk ke Lock Screen.
  • Kalau layar kamu tidak aktif (sleep), angkat iPhone atau tekan tombol Power.

Kemudian tekan Lock Screen agak lama, dan kamu akan masuk ke pengaturan. Tekan tombol + untuk membuat yang baru.

Saat artikel ini ditulis, wallpaper dari iOS 15 tidak bisa kamu kustomisasi. Kamu harus membuat yang baru (bahkan jika ingin pakai wallpaper yang sama).

2. Memilih Tipe Wallpaper

D sini kamu akan memilih tipe wallpaper untuk Lock Screen. Ada beberapa pilihan yang tersedia.

  • Photos — Memakai gambar dari galeri (aplikasi Foto).
  • Photo Shuffle — Memakai koleksi foto dari galeri, baik orang, peliharaan, alam, kota, dll.
  • Emoji — Menggunakan pola emoji. Kamu bisa memilih kombinasi emoji yang kamu mau.
  • Weather — Menggunakan tampilan cuaca.
  • Astrology — Menggunakan tampilan bumi, bulan, atau tata surya.

Untuk wallpaper Photos dan Photos Shuffle, kamu juga bisa menerapkan filter. Ada Black & White, Duotone, dan Color Wash.

Kamu bisa menambahkan Depth Effect (multilayer) di Lock Screen dengan menekan tombol ‘‘. Untuk Duotone dan Color Wash, kamu juga bisa memilih warna utama dengan menekan tombol ‘‘ tersebut.

Harap diingat, fitur Depth Effect tidak tersedia untuk semua tipe iPhone.

3. Memilih Widget Tanggal

Bagian paling atas adalah widget Tanggal. Kamu bisa memilih variasi lainnya dengan menekan widget ini. Kamu bisa memilih widget dengan kombinasi Acara, Cuaca, atau Kebugaran.

4. Memilih Font & Warna Widget Jam

Di bawah tanggal, ada widget Jam. Kalau kamu menekannya, kamu bisa memilih jenis huruf (font) dan warna. Untuk warna, lingkaran warna paling kiri memiliki efek transparan, sedangkan lainnya memberikan warna solid.

Memilih warna tidak hanya mengubah warna widget Jam saja. Tapi juga mengubah warna semua widget yang kamu pilih. Kamu bisa mengatur internsitas warna ini dengan tuas yang ada.

5. Menambah Widget Lain

Di iOS 16 ini, baru ada satu bidang widget lain yang bisa kita tambah di Lock Screen. Tempatnya ada di bawah Jam. Tekan bidang itu dan kamu akan melihat berbagai pilihannya.

Sama seperti widget pada umumnya, tiap aplikasi bisa memiliki beberapa widget dengan fungsi berbeda. Lalu, untuk saat ini ada dua ukuran yang tersedia (bujur sangkat dan persegi).

Ketika kamu memilih salah satu, widget itu akan segera terpasang. Kalau merasa kurang cocok, kamu bisa menghapusnya dengan menekan tombol . Silakan pilih widget dan ukuran yang sesuai dengan keinginanmu.

Setelah ini, kamu bisa menekan tombol ‘Add’ atau ‘Done’ untuk memastikan pilihan pengaturan Lock Screen iPhone. Yang kemudian akan disusul dengan proses memilih tampilan Layar Utama.

6. Atur Tampilan Layar Utama

Pengaturan untuk Layar Utama (Home Screen) juga merupakan hal baru di iPhone mulai iOS 16 (selain melalui menu di gambar pada aplikasi Foto).

Untuk mengatur tampilan itu, kamu bisa menekan tombol ‘Customize Home Screen.’ Kemudian kamu bisa memilih: Original (sama dengan Lock Screen), Color, Gradient, atau memilih foto lain sebagai wallpaper. Selain itu, kamu juga menambahkan efek blur di wallpapaer.

Kalau kamu ingin tampilan Layar Utama sama seperti Lock Screen atau sama dengan setelan yang sudah kamu buat (jika sudah pernah), maka silakan tekan ‘Set as Wallpaper Pair.’

7. Hubungkan dengan Fokus

Kalau di iOS 15 kamu bisa membuat setelan layar sesuai Fokus, di iOS 16 bisa lebih mudah lagi. Kamu bisa menghubungkan profil Fokus dengan tampilan Lock Screen tertentu.

Jika kamu sudah menetapkan Lock Screen (langkah 6), kamu akan melihat ada tombol Fokus di tampilan buatanmu. Kalau kamu menekannya, kamu bisa memilih Fokus tertentu yang akan memakai setelan Lock Screen tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa membuat tiap Fokus punya tampilan masing-masing. Untuk berpindah fokus, kamu juga bisa melakukannya lewat setelan Lock Screen ini selain dari Pusat Kontrol.

Kalau kamu tidak mau menghubungkan Lock Screen dengan Fokus juga tidak masalah. Tinggal tekan tampilan pilihanmu dan kamu sudah selesai mengatur Lock Screen baru di iPhone milikmu.

8. Atur Bentuk Notifikasi

Setelan ini hanya sekedar tambahan. iOS 16 menghadirkan tampilan notifikasi baru di Lock Screen. Tapi kalau kamu tidak suka atau ingin mengaturnya dengan pilihan lain, kamu bisa menuju ke Settings > Notifications > Display As.

Kamu bisa memilih:

  • Count — Menampilkan jumlah notifikasi tanpa detil informasi
  • Stack — Menampilkan notifikasi secara bertumpuk dan bisa ditekan untuk melihat daftarnya (pilihan bawaan).
  • List — Menampilkan daftar notifikasi seperti versi sebelumnya.

Pilihan notifikasi ini akan berpengaruh pada tampilan Lock Screen di iPhone milikmu.


Itulah cara mengatur Lock Screen yang baru di iPhone sejak iOS 16. Bisa kamu lihat kalau caranya sangat mudah. Jadi, apalagi yang perlu dilakukan kecuali mencobanya sendiri. Yuk….

    %d blogger menyukai ini: