Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Mengatur Refresh Rate Layar di Windows

Ketika mendengar Refresh Rate, pertama kali yang terlintas di pikiran mayoritas anak sekarang adalah Game. Bisa jadi ini benar, bisa jadi salah juga. Karena tidak selamanya Refresh Rate itu melulu berhubungan dengan game.

Baik di PC ataupun Hape, Refresh Rate memiliki maksud yang sama, yakni kemampuan layar untuk me-refresh pixel setiap detiknya.

popculture.id

Contohnya, bermain game dengan setting layar Refresh Rate 120 Hz tampilan gerakannya akan terasa lebih smooth dibandingkan setting layar Refresh Rate 60 Hz.

Hal ini dikarenakan layar me-refresh gambar lebih sering dan membuat perpindahan gerakannya seperti tidak lompat-lompat atau slow motion. Dari sini tidak heran jika para gamer memperhatikan Refresh Rate dengan serius.

Tidak hanya pada game, Refresh Rate juga berguna dalam aktifitas harian PC. Jika kalian menggunakan Windows 11, pada setting refresh rate bahkan sudah didukung juga dengan fitur Dynamic Refresh Rate.

Dynamic Refresh Rate memungkinkan layar PC kita bekerja lebih cerdas, karena mampu menyesuaikan kuantitas refresh rate dengan otomatis sesuai dengan beban kerja yang kita gunakan.

Misalkan dalam penggunaan minimal, Refresh Rate layar PC akan turun di angka 60 Hz. Kemudian akan naik secara otomatis ke 120 Hz ketika menangkap beban kerja yang tinggi seperti bermain game. Tentu saja ini sangat membantu daya tahan baterai PC kita.

Tapi, bagaimana Cara Mengatur Refresh Rate layar PC kita? Berikut langkah-langkah yang bisa kalian praktekkan sendiri dirumah.

Cara Mengatur Refresh Rate Layar di Windows

Sebelum memulai tatacara mengatur refresh rate, sebaiknya kenali dulu spesifikasi hardware dan software PC kalian. Karena tidak semua PC memiliki setting Refresh Rate lengkap ya, terlebih setting Dynamic Refresh Rate.

PC dengan spek biasa seringnya hanya akan memunculkan menu setting refresh rate 60 Hz saja. Sedangkan untuk menemukan fitur Dynamic Refresh Rate, syarat minimal PC adalah memiliki layar VRR atau Virtual Refresh Rate, 120 Hz Refresh Rate dan dilengkapi dengan Driver Graphic WDDM.

Karena itu jangan kaget ya jika pilihan angka refresh rate yang muncul beda-beda.. Langsung saja kita mulai langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Settings Windows / pencet tombol “Windows + I” bersamaan
  • Klik “System” di kolom sebelah kiri
  • Pilih Menu “Display” di kolom sebelah kanan
  • Scroll ke bawah, cari opsi “Advanced Display”
  • “Choose a refresh rate”, di sinilah tempat atur refresh rate

    %d blogger menyukai ini: