Kenali Tanda dan Cara Mengembalikan WhatsApp yang Di-Hack

Indonesia lagi dihebohkan sama akun WhatsApp yang kena hack! Tapi jangan panik. Yuk, kenali tanda dan cara mengembalikan WhatsApp yang di hack.

WhatsApp adalah aplikasi chat yang paling banyak dipakai orang di dunia. Bahkan pengguna aplikasi ini sudah tembus miliyaran pengguna.

Sebagai aplikasi chat ‘nomor 1,’ WhatsApp telah dibekali dengan enkripsi end-to-end. Enkripsi ini bakal melindungi seluruh isi chat dan panggilan dari orang lain, termasuk perusahaan pengembang WhatsApp sendiri.

Tapi baru-baru ini Indonesia dihebohkan dengan salah satu akun WhatsApp yang mengalami peretasan. Lalu bagaimana mengetahui tanda dan cara mengembalikan akun WhatsApp yang di hack? Baca sampai bawah ya.

Tanda dan Cara Mengembalikan WhatsApp yang Di Hack

Tanda-tanda WhatsApp Kena Hack

Tiba-tiba Logout Sendiri

Wah, ini adalah tanda-tanda yang paling gampang dikenalin. Padahal kita tidak logout, tapi WhatsApp tanpa sebab malah logout sendiri. Berarti kamu harus hati-hati.

Biasanya ini terjadi karena ada perangkat lain yang mencoba login ke akun WhatsApp kamu. Makanya akun di perangkat lama bakal otomatis logout sendiri. Ya secara gamblang, akun WhatsApp kamu udah jatuh ke tangan orang lain.

Ada Notifikasi Minta Verifikasi Nomor HP

Kalau tiba-tiba WhatsApp kamu minta verifikasi nomor HP, hati-hati ya. Karena ini adalah salah satu tanda hacker sedang mencoba meretas akun WhatsApp kamu.

Kalau WhatsApp sudah dipakai lama, rasanya tidak mungkin ia tiba-tiba minta verifikasi nomor lagi kan. Biasanya kalau ada yang aneh, WhatsApp bakal mengirim pesan dengan pilihan ‘Verify’ dan ‘OK.’

Pemakaian Data Tidak Sewajarnya

Bingung karena tiba-tiba kuota cepat habis, padahal aktivitas ya cuma itu-itu saja? Hm, bisa jadi ada hacker yang sedang meretas akun WhatsApp kamu.

Ini bisa terjadi kalau kamu tidak sengaja klik tautan asing saat browsing. Nah, tautan ini ternyata mengunduh spyware secara otomatis ke ponsel. Makanya kuota data kalian cepat kesedot.

Nah, itu tadi tanda-tanda akun WhatsApp yang kena hack. Sekarang saya akan kasih tips bagaimana mengembalikan akun WhatsApp yang sudah terlanjur kena hack.

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Kena Hack

Install Ulang WhatsApp

Menurut Pakar Keamanan dari Vaksicom Siber Alfons Tanujaya, mengembalikan akun WhatsApp mudah kok. Kalian hanya perlu instal ulang WhatsApp.

Setelah diinstal ulang, WhatsApp bakal minta kalian untuk memasukkan nomor HP lagi. Setelah itu akan muncul verifikasi lewat SMS, dan voila! Akun kalian bakal balik lagi.

Jangan Klik ‘OK’ di Pesan Verifikasi

Cara ini berlaku buat kalian yang kena tanda WhatsApp di-hack seperti di nomor 2. Secara tiba-tiba, WhatsApp bakal memunculkan pesan yang intinya minta ‘Verify’ dan ‘OK.’ Itu artinya WhatsApp kalian akan dibajak orang lain.

Lalu mana yang harus dipilih? Yang jelas, kalian jangan sampai klik ‘OK’ ya. Karena itu artinya, kalian telah memberikan akun WhatsApp ke orang lain (hacker).

  • Klik menu ‘Verify.’
  • Masukkan kembali nomor HP yang diminta WhatsApp.
  • Setelah itu WhatsApp akan mengirim SMS OTP.
  • Isi kode OTP ke aplikasi WhatsApp.
  • Setelah proses selesai, WhatsApp akan memunculkan pilihan ‘Agree and Continue.’
  • Klik pilihan tersebut.

Setelah itu, WhatsApp bakal kembali seperti saat pertama kali kamu menginstalnya. Bagaimana, gampang kan caranya?

Oya, mungkin kalian ada yang merasa parno dengan kasus ini. Tapi tenang, kalian bisa kok mencegah WhatsApp agar tidak di-hack. Caranya, kalian bisa baca tips jaga keamanan akun supaya tidak kena serangan hacker.

%d blogger menyukai ini: