Cara Mengganti Browser dan Aplikasi Email Utama di iOS 14

Apple telah membolehkan pengguna mengganti browser dan aplikasi email di iOS 14. Seperti ini cara mengganti browser dan aplikasi email utama di iOS 14.

Selama bertahun-tahun Apple memang ketat dalam mengatur sistem operasinya, terutama iOS. Bahkan Apple tidak mengizinkan pengguna iOS untuk mengubah browser dan aplikasi email bawaan pada ponsel.

Tapi itu semua berubah sejak iOS 14 diluncurkan. OS ini berhasil membawa perubahan besar. Salah satunya adalah diperbolehkannya pengguna mengganti browser dan email bawaan (default) ponsel.

Cara Mengganti Browser dan Aplikasi Email di iOS 14

Selama ini, pengguna iPhone hanya memakai Safari sebagai browser utama. Tapi sebagian pengguna merasa lebih nyaman memakai browser lain seperti Chrome dan lainnya. Kasus ini pun berlaku untuk aplikasi email utama iPhone, Apple Mail.

Untungnya di iOS 14, pengguna diberi cara untuk mengubah browser dan aplikasi email default. Jadinya iOS 14 akan lebih fleksibel dibanding OS versi sebelumnya.

Cara mengganti browser dan aplikasi emaildi iOS 14

  • Buka β€˜Settings’ di iPhone kalian.
  • Geser ke bawah untuk menemukan aplikasi yang ingin dijadikan sebagai default.
  • Pilih β€˜Default Browser App’ atau β€˜Default Email App.’
  • Kemudian tap aplikasi pihak ketiga yang ingin kalian gunakan.
Sumber Gambar : 9to5Mac

Bagaimana jika kalian berubah pikiran dan ingin kembali menggunakan aplikasi default? Tenang. Kalian bisa mengembalikan pengaturan seperti semula kok. Kalian hanya perlu mempraktikkan cara berikut ini.

Cara mengembalikan ke browser dan aplikasi email asli iOS 14

  • Buka β€˜Settings’ di iPhone kalian.
  • Gulir ke bawah dan ketuk aplikasi Safari atau Apple Mail.
  • Untuk browser, ketuk menu β€˜Default Browser App.’
  • Sementara untuk email, ketuk menu β€˜Default Email App.’
  • Ketuk aplikasi Safari atau Apple Mail.
Sumber Gambar : Apple Insider

Catatan: Kebebasan memilih aplikasi default ini hanya bersifat sementara. Setelah perangkat kalian reboot, Safari dan Apple Mail akan berubah menjadi aplikasi default lagi hingga kalian mengubah pengaturan lagi. Tapi dikutip dari 9to5Mac, ini disebabkan oleh bug.

Sementara itu, sampai saat ini belum semua aplikasi browser dan email pihak ketiga mendukung iOS 14. Hanya segelintir aplikasi saja yang bisa kalian jadikan default di iOS 14.

Untuk browser, saat ini yang bisa dijadikan browser default iOS 14 baru Google Chrome, DuckDuckGo, Microsoft Edge dan Mozilla Firefox.

Sedangkan untuk email, aplikasi alternatif yang bisa kalian jadikan default adalah Microsoft Outlook, Hey dan Spark. Gmail memang belum masuk dalam daftar. Tapi Google mengatakan Gmail akan bisa dijadikan aplikasi default beberapa hari lagi.

%d blogger menyukai ini: