aplikasi email terbaik

5 Aplikasi Email Mac Sebagai Alternatif Apple Mail

Mac sudah punya aplikasi email bawaan. Tapi Mac juga memiliki begitu banyak pilihan aplikasi email. Masing-masing menawarkan berbagai fitur dan keunikan. Lalu apa aplikasi email Mac yang terbaik dan bisa jadi alternatif Apple Mail (Mail App)?

Sebelum masuk ke daftar pilihan, mungkin ada yang bertanya-tanya. Apa gunanya aplikasi email? Kenapa tidak menggunakan browser dan membuka layanan email yang bersangkutan?


Baca juga: Aplikasi To Do Terbaik untuk Berbagai Platform


Aplikasi email akan sangat berguna ketika kamu memiliki beberapa alamat email. Apalagi kalau kamu menggunakan layanan email yang berbeda. Misalnya: Gmail, Outlook, iCloud, atau email perusahaan.

Aplikasi email juga biasanya menawarkan integrasi ke aplikasi lain. Seperti ke kalender, layanan cloud, dll. Juga bisa dari layanan berbeda.

Dengan demikian, melalui satu aplikasi kamu bisa mengontrol semua email, baik yang masuk maupun yang keluar.

Spark (Gratis)

aplikasi email mac spark

Spark merupakan aplikasi email dengan desain keren. Fiturnya pun cukup banyak. Mulai dari smart inbox, smart search (misalnya cari attachment email dari seseorang), snooze, tampilan khusus undangan kalender, balas cepat dengan emoji, integrasi dengan layanan cloud, dll.

Saat ini Spark termasuk salah satu aplikasi email Mac yang paling populer. Beberapa menyebutnya sebagai aplikasi email Mac terbaik. Aplikasi email Spark tersedia untuk Mac, iPhone, iPad, dan Apple Watch. Bisa digunakan dengan email Gmail, Outlook, iCloud, Yahoo!, Microsoft Exchange, atau email dengan IMAP lain.

DOWNLOAD

Polymail (Gratis/Komersial)

aplikasi email mac polymail

Polymail juga merupakan salah satu aplikasi email Mac yang populer. Sama seperti Spark, aplikasi ini juga banyak disebut sebagai yang terbaik.

Selain memiliki desain yang bagus, Polymail juga memiliki banyak fitur. Beberapa di antaranya cukup menarik. Misalnya: Email tracking, Send Later, Undo Send, tampilan profil kontak (beserta akun media sosialnya), integrasi dengan kalender, template, dll.

Polymail bisa digunakan dengan email dari Gmail, Outlook, Yahoo!, iCloud, Google App, atau email berbasis IMAP lain. Layanan dari Exchange akan hadir menyusul. Saat ini Polymail memiliki aplikasi untuk Mac, iPhone, dan iPad. Aplikasi untuk Android dan Windows segera hadir.

Aplikasi email Polymail bisa digunakan secara gratis. Namun ada beberapa fitur yang baru bisa didapat kalau kita berlangganan versi komersial (Pro $9/month, Team $9/user/month).

DOWNLOAD

Airmail (Komersial)

aplikasi email mac airmail

Airmail merupakan salah satu aplikasi email popular dan dianggap sebagai yang terbaik untuk Mac. Beberapa fitur keren Airmail adalah: Unified inbox, quick reply, undo history, label, integrasi dengan aplikasi lain, dll.

Aplikasi email Airmail mendukung layanan email dari Gmail, Outlook, iCloud, Yahoo!, AOL, Exchange, atau layanan email dengan IMAP dan POP3. Aplikasi ini tersedia untuk Mac, iPhone, dan iPad. Airmail bisa didapat untuk Mac dengan harga Rp 149.000.

DOWNLOAD

Astro (Gratis/Komersial)

aplikasi email mac astro

Astro merupakan aplikasi email yang sedang menanjak. Aplikasi email ini cukup unik karena memiliki fitur asisten artificial intelligence (Astro Bot) yang bisa memberi saran pengaturan dan tindakan untuk email. Beberapa fitur Astro yang layak disebut adalah: Priority inbox, unsubscribe mailing list, mute, snooze, send later, dll.

Saat ini Astro masih dalam tahap beta untuk publik. Aplikasi email ini baru bisa mendukung layanan email Office 365 dan Gmail. Layanan email lain akan menyusul. Yang menarik, Astro sudah bisa digunakan baik di Mac, iPhone, iPad, dan Android. Nantinya, akan ada versi komersial untuk aplikasi email ini.

DOWNLOAD

Canary Mail (Gratis/Komersial)

aplikasi email mac canary mail

Canary Mail memiliki tampilan yang cukup unik. Bagian inbox aplikasi email ini agak tembus pandang alias semi transparan. Fitur Canary Mail yang layak disebut adalah menggunakan artificial intelligence untuk memilah email penting, tracking email (tanda sudah dibaca), otomatis mengarsipkan atau menghapus email, snooze, dll.

Canary Mail mendukung layanan email Gmail, Outlook, Yahoo!, Office 365 (dan mungkin beberapa lainnya). Aplikasi email ini juga masih dalam tahap beta untuk publik. Sementara ini, Canary baru tersedia untuk Mac dan iPhone. Sama seperti Astro, nantinya juga akan ada versi komersial untuk aplikasi email ini.

DOWNLOAD


Baca juga: Cara Mengganti Aplikasi Email Default di Mac


Jadi, apa aplikasi email Mac yang terbaik? Hm, jawabannya ada di tangan kalian. Karena cara tiap orang mengolah email memang berbeda. Terus terang, saya sudah mencoba semuanya kecuali Airmail. Saya sudah mencoba Polymail sejak versi beta. Sekarang sedang mencoba Canary dan Astro.

Sejauh ini fitur yang ditawarkan oleh aplikasi email yang punya versi gratis masih memenuhi kebutuhan saya. Namun riset membuktikan bahwa Airmail mendapat banyak respon positif.

Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi email untuk Mac lain yang cukup menarik. Misalnya: Newton Mail dan Nylas Mail.

Newton Mail memiliki tampilan dan fitur yang menarik. Namun aplikasi email tersebut merubah proses pembeliannya. Dari membeli dengan sekali pembayaran, menjadi unduh aplikasi gratis yang nantinya diminta berlangganan pertahun sekitar $50.

Nylas Mail merupakan aplikasi email gratis dan tersedia untuk berbagai perangkat. Namun banyak pengguna mengeluhkan bahwa aplikasi email ini memakan banyak RAM (sampai 1 GB!).

Nah, silakan mencoba aplikasi email di atas. Kalau ada aplikasi email untuk Mac lain yang menarik, silakan beritahu kami.

More Stories
steam chat
Valve Merilis Aplikasi Chatting Bernama Steam Chat