Cara Mengganti Shortcut Fitur Overlay Pada Aplikasi Steam di PC

aplikasi steam pc

Apa kamu pernah sedang asik main game di PC dan tidak sengaja memencet kombo tombol yang memunculkan fitur Overlay aplikasi Steam? Cukup mengganggu ya? Untungnya kamu bisa mengganti kombo shortcut fitur Overlay aplikasi Steam itu.

Fitur yang sebenarnya memiliki nama lengkap Steam Community Overlay adalah tampilan aplikasi yang muncul di dalam game (in-game), tempat kamu bisa mengakses berbagai fitur komunitas Steam.

Kamu bisa menemukan temanmu untuk ngobrol, kamu bisa melihat achievement, kamu bisa membaca panduan, melihat screenshot, mengakses Community Hub, dan membaca diskusi soal game bersangkutan.

Untuk mengakses Steam Overlay ketika sedang main game, kamu tinggal memencet tombol shortcut Shift + Tab di keyboard.

steam overlay

Steam Overlay Bisa Mengganggu

Kombinasi tombol tersebut bisa menjadi masalah ketika kedua tombol itu juga punya fungsi di dalam game yang kamu mainkan. Jadi waktu kamu ingin melakukan sesuatu, yang muncul malah Steam Overlay.

Ini contohnya. Di game Horizon Zero Dawn untuk PC, tombol Tab berfungsi untuk mengisi ulang amunisi (ammo) dari berbagai senjata yang kamu bawa. Sedangkan tombol Shift berfungsi untuk lari (ada setelan tekan sekali atau ditekan terus untuk lari).

Ketika kamu sedang melawan musuh dan harus lari sambil mengisi amunisi, kamu bisa tidak sengaja menekan kombo shortcut Steam Overlay. Ini tentu bisa mengganggu keasikan main game.

Tentu, kamu bisa mengganti setelan tombol game atau mengganti tombol Steam. Dalam hal ini akan lebih mudah mengganti tombol Steam. Karena lebih jarang dipakai.

Mengganti Shortcut

Cara mengganti shortcut Steam Overlay sendiri sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menemukan setelannya lewat menu Steam > Settings. Kamu bisa mematikan fungsi ini atau mengganti tombolnya.

Masalahnya, ketika kamu klik di kotak isian shortcut atau menyeleksi shortcut itu, kamu akan menemukan kalau tidak ada indikasi perubahan secara visual. Jadi seolah-olah shortcut itu tidak bisa diganti.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah klik di kotak isian, lalu tekan tombol di keyboard untuk shortcut baru (pada gambar di atas saya memilih Shift + O). Kamu akan melihat kalau shortcut itu akan berganti.

Sekali lagi, proses ini sebenarnya sangat sederhana. Namun karena tampilan antarmuka yang kurang intuitif, para pemain jadi sering bingung.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu yang bingung, sekarang silakan coba lagi. Selamat bermain.

%d blogger menyukai ini: