Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Menggunakan DLNA antara Windows Phone dan Windows 7

Anom Penulis

Beberapa waktu lalu kami pernah menulis update untuk Nokia Lumia yang salah satunya adalah aplikasi Play To. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk terhubung dengan perangkat lain yang menggunakan DLNA (Digital Living Network Alliance). DLNA memakai Wireless Network sebagai sarana transfer datanya.

Dengan DLNA, kita bisa melihat file media (gambar, audio, dan video) yang ada di ponsel kita dengan perangkat lain seperti TV, Blu-Ray Player atau laptop yang juga mendukung DLNA. Menunjukkan foto-foto saat liburan ke keluarga akan jadi lebih mudah. Tidak perlu berdesakan di depan ponsel, atau tidak perlu repot tranfer data terlebih dahulu.

Teknologi pendukung DLNA juga tidak hanya dimiliki oleh Nokia saja. HTC memiliki HTC Connected Media dan Samsung hadir dengan Samsung AllShare.

Mungkin tidak semua memiliki perangkat seperti TV atau Media Player yang mendukung DLNA. Tapi toh kita juga bisa melakukannya dengan laptop atau desktop kita. Kali ini kami akan memberi sedikit tips cara melihat file media melalui DLNA dengan sistem operasi Windows 7 di laptop atau desktop yang kamu punya.

Caranya:

  1. Buka Windows Media Player di laptop/desktop.
  2. Klik tab Stream, dan centang (enable) pilihan “Allow remote control of my Player” dan “Automatically allow devices to play my media”.
  3. Klik Allow saat ada pemberitahuan, atau klik “More streaming options” dan pilih Allow di sana.
  4. Buka aplikasi DLNA di ponsel (karena saya menggunakan Nokia Lumia, maka aplikasi yang saya gunakan adalah Nokia Play To).
  5. Pilih perangkat untuk dipasangkan (device to pair), dalam hal ini laptop atau desktop.
  6. Nikmati foto, video atau lagu dari ponsel lewat laptop/desktop kamu.
koneksi dlna windows media player

Kalau kamu tidak memiliki jaringan wireless, bisa mencoba aplikasi seperti Virtual Router atau Connectify untuk merubah komputermu jadi hotspot.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Activate Windows 10 Secara Permanen, Aman dan Ampuh

Yah, cukup mudah bukan?