Tips Cara Menghemat Baterai Apple Watch

Kamu pengguna Apple Watch ingin tau cara menghemat baterai smartwatch kesayangmu itu? Kamu bisa temukan cara lengkapnya di artikel ini.

Bagi penggila smartwatch, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Apple Watch. Yap, ini adalah smartwatch besutan Apple. Walau identik dengan harga mahal, tapi nyatanya peminat Apple Watch sangat banyak.

Karena mahal, jelas Apple Watch menawarkan fitur-fitur premium salah satunya dalam hal baterai. Dengan pemakaian normal, Apple merancang jam ini agar bisa bertahan sampai 18 jam.

Walaupun sudah cukup baik karena bisa untuk satu hari penuh, tapi ada kalanya pengguna masih merasa kurang. Mereka ingin agar smartwatch bisa bertahan lebih lama.

Kalau sering merasakan hal seperti itu, kamu sepertinya perlu mencoba cara menghemat baterai Apple Watch berikut ini.

Cara Menghemat Baterai Apple Watch

Update Perangkat Lunak Apple Watch

Cara Menghemat Baterai Apple Watch
Sumber Gambar : Make Use Of

Menjalankan versi terbaru watchOS adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat baterai Apple Watch. Kenapa? Karena semakin baru watchOS, kemampuan efisiensi daya mereka juga akan semakin bagus.

Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka β€˜Settings > General > Software Update’ di smartwatch. Jika perlu update, hubungan iPhone ke WiFi. Lalu update software Apple Watch kamu.

Nonaktifkan Always-On Display

Cara Menghemat Baterai Apple Watch
Sumber Gambar : Make Use Of

Apple Watch 5 Series atau yang lebih baru dibekali fitur Always-On Display. Fitur ini memungkinkan smartwatch menampilkan display setiap saat.

Walau terlihat menarik, tapi fitur ini akan menguras banyak baterai. Untuk mematikan fitur ini, buka β€˜Settings > Display & Brightness.’ Setelah itu, klik toggle β€˜Always On’ agar mati.

Redupkan Layar

Layaknya iPhone, layar yang lebih cerah akan menguras banyak baterai. Maka dari itu, saya sarankan kamu untuk menurunkan kecerahan layar pada Apple Watch.

Untuk mengaturan kecerahan layar Apple Watch, buka β€˜Settings > Display & Brightness.’ Kontrol kecerahan ada di bagian atas halaman. Kalian dapat menyesuaikannya dengan mengetuk layar atau memutar Digital Crown.

Matikan Fitur β€˜Wake on Wrist Raise’

Cara Menghemat Baterai Apple Watch
Sumber Gambar : Make Use Of

Semua seri Apple Watch memungkinkan pengguna melihat layar dengan cepat, bahkan tanpa menyentuhnya. Contoh saat pengguna mengangkat tangan, layar jam otomatis akan menyala.

Nah kemampuan ini berasal dari fitur β€˜Wake on Wrist Raise’ yang aktif. Untuk menonaktifkannya, buka β€˜Settings > General > Wake Screen.’

Swap layar ke bawah sampai menemukan menu β€˜Wake on Wrist Raise.’ Selanjutnya, klik toggle yang ada di samping menu tersebut untuk menonaktifkannya.

Kurangi Notifikasi

Secara default, Apple Watch akan menampilkan semua notifikasi dari iPhone saat perangkat terkunci. Jadi kalau ada banyak notifikasi, Apple Watch akan hidup sepanjang hari dan menghabiskan daya baterai.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi notifikasi yang muncul pada Apple Watch. Caranya, buka aplikasi Watch pendamping di iPhone kamu. Di tab β€˜My Apple Watch’ pilihlah β€˜Notifications.’

Nah, di sana kamu akan melihat daftar aplikasi iPhone yang terhubung ke Apple Watch. Kamu bisa memilih beberapa aplikasi dan menonaktifkannya.

Nyalakan Mode Hemat Daya Selama Latihan

Saat dipakai latihan, Apple Watch akan memantau informasi detak jantung kalian. Memang fitur ini sangat berguna. Tapi di sisi lain juga bisa menguras banyak baterai.

Untuk membantu menghemat daa, kamu bisa mengaktifkan Battery Saving Mode. Caranya, buka aplikasi Watch di iPhone. Lalu di tab β€˜My Apple Watch’ pilih β€˜Workout’ dan aktifkan β€˜Power Saving Mode.’

%d blogger menyukai ini: