Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Hati-Hati! Ini Dia 4 Cara Menghindari Shadow Banned di Instagram

Indri Penulis

Gimana sih cara menghindari shadow banned di Instagram? Gampang kok. Kamu tinggal ikuti beberapa tips yang kami bagikan berikut ini.

Pernahkah kamu ada dalam situasi di mana kamu memposting konten di Instagram, tapi tingkat keterlibatan konten terbarumu jauh lebih rendah daripada postingan yang lain. Padahal biasanya setiap kali kamu memposting sesuatu, pasti postinganmu ramai mendapat like dan komentar dari orang lain.

Wah kalau kamu mengalami kejadian seperti itu, hati-hati ya. Bisa jadi Instagram telah memblokir akunmu secara samar atau yang sering dikenal sebagai ‘shadow banned.’

Shadow banned artinya Instagram tidak menangguhkan profilmu, tapi mereka tidak akan menampilkan postinganmu kepada pengguna lain sebanyak sebelumnya.

Kamu mungkin nggak bisa membatalkan shado banned dari Instagram, tapi setidaknya kamu bisa coba beberapa cara berikut untuk menghindari shadow banned dari Instagram.

menghindari shadow banned instagram

Tinggalkan Engagement Pods Instagram

Engagement pods adalah obrolan grup tempat pengguna membagikan kiriman mereka segera setelah mempostingnya. Idenya, semua orang di grup harus menyukai dan mengomentari postingan satu sama lain. Aktivitas ini bakal mengelabuhi Instagram, seolah-olah ada banyak orang yang terlibat dalam postinganmu.

Secara teori, kalau ada banyak orang yang terlibat dengan postinganmu, itu artinya Instagram harus ‘mendorong’ postinganmu agar dilihat oleh lebih banyak orang. Tapi kenyataannya bagaimana pun juga jauh berbeda: Kamu nggak bisa mengakali algoritma Instagram yang telah matang lebih dari satu dekade.

Setiap interaksi yang terjadi di setiap postingan Instagram harus asli. Selain itu bergabung dengan engagement pods juga nggak bakal memberikan manfaat secara langgeng, karena grup ini biasanya akan mati dengan cepat.

Blokir Semua Bot Instagram yang Mengikutimu

Mungkin kalau kamu belum tahu, dari miliaran pengguna yang terdaftar di Instagram, ternyata ada puluhan juta pengguna yang bukan manusia asli lho. Mereka semua adalah bot. Nggak cuma berkeliaran di Instagram, bot-bot ini bahkan biasanya ada yang mengikuti pengguna Instagram secara otomatis.

Baca Juga:  Instagram Mulai Luncurkan Fitur Parental Control di Amerika Serikat

Walaupun keberadaan mereka bukan salahmu, tapi kalau ada akun palsu yang mengikutimu bisa menjadi salah satu penyebab akunmu terkenal shadow banned dari Instagram.

Bot Instagram terkadang memang sulit dideteksi. Tapi setidaknya, kamu bisa melihat beberapa tanda jika ada akun bot yang follow akunmu yakni diantaranya:

  • Feed berisi ratusan foto, tapi foto orang yang dipasang baru diterbitkan dalam beberapa bulan terakhir.
  • Akun yang baru dibuat dengan konten nggak senonoh di feed/bio-nya.
  • Nama pengguna terlihat palsu, seperti “[nama]1234567.”

Kalau kamu menemukan ada akun dengan ciri-ciri seperti itu, jangan ragu untuk langsung memblokirnya!

Jangan Beli Pengikut Instagram

Memiliki banyak pengikut Instagram biasanya memang menimbulkan banyak pengaruh, apalagi buat selebgram supaya mendapat banyak tawaran endorse. Jadi nggak heran kalau ada banyak orang merasa membeli pengikut adalah cara cepat untuk meningkatkan status mereka di Instagram.

Tapi tahu nggak, ternyata Instagram tahu lho kalau kamu membeli pengikut. Kalau terus-terusan begitu, nanti akun kamu bisa dikenai sanksi. Sanksinya pun beragam, yang paling ringan peringkat akun dan postinganmu bakal diturunkan (otomatis jangkauan pengunjung ke akun dan kontenmu bakal berkurang). Lalu yang paling parah tentu saja ancaman shadow banned ke akunmu.

Jangan Follow Banyak Akun dalam Waktu Singkat

Mengikuti orang-orang terkenal biasanya memang dapat mendatangkan pengikut baru ke akunmu. Tapi sebaiknya hindari aktivitas mengikuti banyak akun dalam waktu singkat.

Mengikuti banyak akun dalam waktu singkat adalah ciri khas perilaku yang dilakukan oleh akun-akun spam. Kalau kamu sering melakukan aktivitas seperti itu, Instagram bakal memperlakukan profilmu seperti akun spam. Ancamannya jelas, nggak lama kemudian, akunmu pasti bakal kena shadow banned.

Nah itu tadi beberapa cara jitu untuk menghindari shadow banned dari Instagram. Semoga setelah tahu tips-tips di atas, kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan Instagram ya.