Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Tips Mengirim Foto Liburan Dengan Mudah Lewat Google Photos

Anom Penulis

Apa yang selalu terjadi ketika liburan tiba dan kita berkumpul bersama teman dan keluarga? Berbagi foto. Ya. Apalagi kalau kamu jadi fotografer resmi keluarga dan teman-teman. Pasti kamu dapat permintaan mengirim foto-foto ke mereka. Untuk itulah, kali ini saya beri tips cara mengirim foto paling mudah mudah lewat Google Photos.

Tentu, cara yang paling sering orang lakukan adalah mengirim foto lewat WhatsApp. Apalagi? Eh, tunggu dulu. Bagaimana kalau foto-foto liburan itu ada banyak jumlahnya dan yang minta dikirim juga tidak kalah banyak? Lalu, bagaimana kalau juga ada video di dalamnya?

popculture.id

Hm, tentu bisa makan kuota internet kalau kamu tidak dekat dengan WiFi. Yah, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk mengirim foto. Yaitu dengan berbagi album foto cloud.

Tidak percaya? Mari kita lihat langkah-langkahnya.

Berbagi Album Liburan dengan Google Photos

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk bisa berbagi foto lewat Google Photos. Pertama, kamu harus install aplikasi Google Photos. Kedua, foto dan video harus kamu upload ke cloud. Ketiga, kamu harus membuat album. Keempat, kamu harus membaginya ke anggota keluarga atau teman.

Install Google Photos

Kebutuhan pertama cukup mudah. Kalau kamu pengguna Android, aplikasi Google Photos kemungkinan besar sudah ada di dalam ponselmu. Kalau kamu pengguna iPhone, kamu bisa download di App Store.

Aktifkan ‘Pencadangan & Sinkronisasi’

Kemudian kamu mungkin harus memberi ijin akses aplikasi ke folder foto dan video di dalam ponsel, juga mengaktifkan ‘Pencadangan & Sinkronisasi‘.

Cara mengaktifkan ‘Pencadangan & Sinkronisasi’

  1. Buka aplikasi Google Photos
  2. Tekan gambar profil di sudut kanan atas.
  3. Masuk ke bagian ‘Setelan Foto‘ (Photos Setting).
  4. Masuk ke bagian ‘Pencadangan & Sinkronisasi‘ (Back-up & Sync).
  5. Tekan tuas ‘Upload foto & video dari perangkat ini ke akun Google anda.’

Sekarang semua foto dan video yang kamu ambil akan otomatis diunggah ke cloud. Di Android, kamu bisa mengatur lebih jauh folder mana saja yang akan kamu unggah (lihat bagian ‘Cadangkan Folder Perangkat’). Sayangnya, iPhone (iOS) tidak memiliki pilihan ini (pembatasan oleh Apple).

Kamu juga bisa mengatur kapan foto diunggah. Apakah bisa menggunakan data seluler atau tidak dan apakah bisa upload video pakai data seluler.

Buat Album Khusus dan Bagikan

Setelah semua foto liburan terunggah secara otomatis, kini kita tinggal membaginya. Lalu bagaimana cara agar kita bisa lebih mudah membagi foto liburan? Buat saja album foto khusus liburan dan bagi album itu ke anggota keluarga atau teman.

Cara Buat Album di Google Photos

  • Pilih foto dan video yang ingin kamu jadikan satu album.
  • Tekan tombol + di menu atas.
  • Pilih Album atau Album Bersama
  • Beri Judul.
  • Tekan tombol ‘Bagikan’.
  • Pilih siapa yang ingin kamu kirim album tersebut.

Pada dasarnya, Google Photos akan membuat link ke album foto itu. Nanti, keluarga atau teman tinggal membukanya. Mereka bisa mengunduhnya jika mau. Jika mereka juga memakai Google Photos, mereka akan selalu bisa melihatnya di halaman ‘Berbagi‘ di dalam aplikasi.

Berbagi Foto Dengan Lebih Praktis

Nah, bisa kamu lihat. Mengirim album foto di Google Photos akan lebih praktis daripada mengirim lewat WhatsApp atau aplikasi pesan lain.

Kamu tidak akan repot memilih file foto dan mengirim berulang kali. Karena yang kamu kirim hanyalah link album foto. Kemudian file foto juga tidak akan memenuhi ponsel penerima. Apalagi jika penerima juga pakai aplikasi Google Photos, mereka selalu bisa melihatnya di halaman ‘Berbagi‘ di dalam aplikasi.

Tentu, hal ini juga berlaku untuk aplikasi cloud lain, seperti aplikasi Apple Photos, Microsoft OneDrive, atau DropBox. Hanya saja, aplikasi Google Photos sejauh ini masih menjadi yang paling menguntungkan (kamu bisa lihat perbandingan harga penyimpanan cloud).

Nah, selamat berlibur dan bersenang-senang.

    %d blogger menyukai ini: