Cara Mengirim Teks Tertentu di Website Sebagai Link di Chrome dan Edge

google chrome browser

Kamu mau mengutip kalimat tertentu dari website dan mengirimkannya ke temanmu? Sekarang bisa. Browser Google Chrome dan Microsoft Edge sekarang bisa mengirim teks tertentu sebagai link. Jadi temanmu bisa langsung membuka dan melihat teks bersangkutan.

Apa pentingnya fitur ini? Hm, anggaplah ada teman yang bertanya soal tanggal rilis update game Genshin Impact, lalu kamu mengirim link artikel yang menjawab pertanyaan itu. Temanmu itu harus menelusuri isi laman website bersangkutan untuk menemukan informasi tersebut.

Nah, dengan fitur baru ini, kamu bisa langsung merujuk temanmu itu ke informasi yang bersangkutan. Jadi dia tidak buang waktu mencari-cari.

Cara Mengirim Link ke Teks Tertentu

Fitur ini bernama “Copy link to highlight” dan mulai hadir di browser Google Chrome atau Microsoft Edge versi 90. Jadi pastikan dulu kamu sudah memperbarui browser tersebut ke versi terbaru.

Untuk mengirim link teks tertentu, yang perlu kamu lakukan hanyalah menandai teks tersebut dengan kursor, lalu klik kanan, dan di context menu tekan pilihan Copy link to highlight.

Setelah itu, kamu tinggal mengirim link bersangkutan (paste) ke temanmu. Entah lewat pesan WhatsApp, lewat email, atau sarana lainnya.

Nanti, kalau temanmu itu mengklik link tersebut, situs bersangkutan akan terbuka dan langsung menuju ke teks tersebut (teks akan ditandai).

rujukan link ke teks di chrome

Bagaimana? Enak kan? Tapi bagaimana kalau kamu sudah update browser Chrome dan Edge ke versi 90 namun belum melihat fitur ini?

Cara Aktifkan Fitur “Copy Link to Text”

Walau tidak terlihat fitur ini sebenarnya sudah tersedia di versi 90 pada browser Chrome dan Edge. Namun mungkin kamu harus mengaktifkannya secara manual.

Cara mengaktifkan fitur “Copy Link to Text” di Chrome dan Edge:

  1. Silakan ketik Chrome://flagsย di kotak alamat.
  2. Lalu ketik Copy Link to Text di kotak pencari.
  3. Kalau sudah menemukan, aktifkan lewat menu di sebelah kanan.
  4. Restart browser.

Kini kamu sudah bisa mengirim link untuk teks tertentu di browser Google Chrome dan Microsoft Edge.

Nah, karena fitur ini merupakan bagian dari Chromium, maka kamu hanya bisa mendapatkannya pada browser yang berbasis sama. Ya, seperti kita ketahui, Microsoft Edge kini sudah berbasis Chromium, sama dengan Chrome.

Dengan begitu, kamu belum bisa memakainya di browser Firefox. Yah, kecuali Mozilla juga membuat fitur yang sama.

Selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: