Browser Microsoft Edge Baru Berbasis Chromium Resmi Rilis

microsoft edge chromium baru
Gambar: Microsoft

Browser Microsoft Edge baru yang berbasis Chromium kini sudah tersedia, baik untuk Windows maupun macOS. Kalau kamu termasuk yang suka dengan browser ini, kamu sudah bisa mengunduhnya.

Microsoft sudah mengumumkan peralihan ke Chromium tahun lalu. Kemudian, tim pengembang browser itu memperkenalkan logo baru Microsoft Edge. Sebelum dirilis secara resmi, Microsoft sudah menjanjikan kalau browser ini akan rilis pada pertengahan Januari. Mereka menepati janjinya.

Joe Belfiore mengumumkan browser Microsoft Edge yang berbasis Chromium ini secara resmi melalui blog resmi Windows. Ia menyatakan kalau Edge tersedia untuk perangkat Windows dan macOS, juga untuk iOS dan Android, dan tersedia dalam 90 versi bahasa. Ia juga menjanjikan fasilitas keamanan dan privasi di browser ini.

browser microsoft edge berbagai perangkat
Microsoft Edge di berbagai perangkat (gambar: Microsoft)

Salah satu fitur lain yang disebutkan Belfiore tentang browser baru ini adalah pengaturan halaman/tab sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kamu juga bisa mengatur rekomendasi berita yang ingin kamu lihat ketika membuka Microsoft Edge.

Ia juga menyatakan bahwa pengembangan browser dalam beberapa bulan terakhir ini sangat luar biasa. Termasuk menambah berbagai fasilitas seperti streaming 4K, dukungan Dolby audio, mengunakan pena di PDF, mendukung ekstensi berbasis Chrome, dll.

Browser Microsoft Edge yang berbasis Chromium ini sudah bisa diunduh sekarang. Namun kalau kamu pengguna Windows, kamu bisa menunggunya saat hadir dalam update sistem operasi berikutnya.

Sekali lagi, browser Microsoft Edge berbasis Chromium ini tersedia untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS, Android dan iOS.

Download