Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Tips Mengubah Lokasi Ponsel Android atau iPhone dari Laptop

Anom Penulis

Kalau kamu sedang berpikir untuk mengganti lokasi smartphone, kamu datang di tempat yang tepat. Karena di sini kami membahas cara mengubah lokasi ponsel Android atau iPhone dengan mudah lewat komputer (PC atau laptop).

Untuk Apa Ubah Lokasi?

Memang ada kalanya kita merasa perlu mengubah lokasi ponsel. Misalnya ketika main game Pokemon GO, menikmati hiburan (musik atau film/serial) lewat tayangan streaming, bikin posting lucu-lucuan dengan rute bersepeda, dll.

Ketika main Pokemon GO, kita mungkin mau pindah lokasi supaya dapat yang langka. Saat menonton, mungkin ingin melihat film yang tidak tersedia di lokasi kita. Untuk lucu-lucuan, tentu kita bisa mengarahkan rute sepeda seperti bentuk tertentu.

Selain itu, berpindah lokasi juga berguna untuk menghindari teman yang hobi stalking lewat aplikasi seperti ‘Find My’. Jadi kamu nggak perlu kuatir diintip lagi ada di mana.

Aplikasi untuk Mengganti Lokasi

Nah, kita bisa mengganti lokasi ponsel dengan memakai aplikasi yang kamu install di komputer (desktop atau laptop). Aplikasi ini bernama UnicTool TailorGo.

Aplikasi ini bisa membantumu berpindah tempat dengan mudah. Termasuk membuat rute. Jadi bisa untuk mengelabui aplikasi berbasis lokasi di ponsel. Misalnya memalsukan lokasi untuk Pokemon GO (biasanya dikenal dengan istilah Pokemon GO Spoofer).

Aplikasi UnicTool Tailor Go ini bisa kamu pakai pada ponsel dengan sistem operasi iOS 7 dan yang lebih baru. Sementara di Android, kamu bisa memakainya dengan minimal Android 5 untuk aplikasi sosial dan Android 6 untuk aplikasi gaming.

Sebagai contoh, UnicTool TailorGo bisa kamu pakai di aplikasi Pokemon GO, Harry Potter Wizard Unite, WhatsApp, Facebook, Instagram, Tinder, Nike Run Club (NRC), dll.

Aplikasi ini memiliki tiga mode, yaitu: Teleport, Navigasi, dan Rute Lurus. Pada dasarnya, mode Teleport akan memindah lokasimu, mode Navigasi akan membuat rute otomatis, dan mode Rute Lurus mengijinkanmu membuat rute sendiri dalam bentuk jalur lurus.

Cara Mengubah Lokasi

Mari kita lihat bagaimana kamu bisa melakukannya. Tentu, sebelum itu, kamu perlu install aplikasi UnicTool TailorGo dulu di komputermu.

Memakai Mode Teleport

  1. Buka aplikasi UnicTool TailorGo di komputer.
  2. Hubungkan ponsel Android atau iPhone dengan kabel ke komputer (konfirmasi ijin akses komputer jika diminta).
  3. Klik mode Teleport, yaitu tombol pertama (jika belum aktif) dari tiga fungsi di menu kanan atas di aplikasi.
  4. Masukkan alamat/lokasi/koordinat di kotak pencarian di sebelah kiri atas.
  5. Pilih lokasi yang sesuai.
  6. Saat muncul menu pop-up, yang menunjukkan perpindahan lokasi, klik ‘Move‘.
mengubah lokasi ponsel dari aplikasi komputer
lokasi ponsel berubah sesuai yang ditentukan

Begitulah lokasi GPS ponsel akan berpindah. Silakan cek dengan aplikasi yang memakai fungsi GPS, seperti Google Maps.

Mode Navigasi

  1. Klik tombol kedua dari menu di sebelah kanan atas aplikasi (berbentuk seperti huruf S).
  2. Pilih lokasi lain di peta (klik lokasi tersebut) untuk menentukan tujuan.
  3. Aplikasi akan membuat rute.
  4. Atur kecepatan dengan menggeser tuas pada kotak kedua di menu (di bawah lokasi), dan tentukan apakah gerakan punya ritme tetap atau berubah.
  5. Atur berapa kali gerakan berjalan dan bolak-balik atau tidak pada kotak ketiga.
  6. Lalu tekan tombol ‘Move’.

Kamu akan melihat kalau aplikasi akan membuat simulasi gerakan sesuai rute yang kamu tetapkan. Ingat, atur ritme gerakan sesuai panjang langkah supaya tampak lebih natural.

Mode Rute Lurus

  1. Klik tombol ketiga (paling kanan) dari menu di sebelah kanan atas aplikasi (berbentuk seperti huruf N).
  2. Pilih beberapa lokasi lain di peta (klik lokasi tersebut) untuk menentukan rute.
  3. Atur kecepatan dengan menggeser tuas pada kotak kedua di menu (di bawah lokasi), dan tentukan apakah gerakan punya ritme tetap atau berubah.
  4. Atur berapa kali gerakan berjalan dan bolak-balik atau tidak pada kotak ketiga.
  5. Lalu tekan tombol ‘Move’.

Sama seperti mode Navigasi, aplikasi akan melakukan simulasi gerak. Kamu bisa melihat titik tempat kamu berada berjalan sesuai rute yang kamu tetapkan. Kalau titik awal dan titik akhir berdekatan, kamu juga bisa membuat rute memutar (kembali ke titik awal).

Oya, aplikasi ini juga mempermudah perpindahan tempat dengan menyimpan riwayat rute. Kamu bisa menyimpan titik lokasi, menyimpan rute, atau memanfaatkan riwayat.

Mengelabui Aplikasi Find My

Aplikasi ini juga bisa kamu pakai sebagai salah satu cara memalsukan lokasi di aplikasi Find My Friends (yang sekarang cuma bernama Find My).

‘Find My’ adalah aplikasi buatan Apple yang berguna untuk melacak orang dan perangkat. Aplikasi ini biasanya dipakai para orang tua untuk mengecek keberadaan anak mereka atau dipakai orang untuk melacak aksesori (misalnya AirTag).

Tapi kadang aplikasi ini jadi pisau bermata dua. Temanmu bisa melacak lokasimu. Tentu hal ini kurang nyaman karena membuka kemungkinan stalking.

Nah, dengan mengubah lokasi iPhone melalui UnicTool TailorGo, tepatnya mode Teleport (lihat tutorial di atas), kamu bisa mengelabui aplikasi ‘Find My’ dengan mudah.

mengubah lokasi aplikasi find my

Ketika kamu memindah lokasi lewat mode Teleport, aplikasi ‘Find My’ di iPhone pun mengikuti lokasi tersebut. Sehingga temanmu melihat lokasi palsu itu di aplikasi mereka. Eh, bisa dikira jalan-jalan keluar negeri dong? Yes!

Mengirim Lokasi Lewat iMessage

Selain bisa untuk mengelabui aplikasi ‘Find My’, kamu juga bisa memakainya sebagai cara mengirim lokasi melalui iMessage. Tentu dengan memanfaatkan mode Teleport di UnicTool TailorGo.

Kalau kamu sudah mengganti lokasi di aplikasi UnicTool TailorGo, kamu tinggal buka percakapan iMessage, pilih aplikasi Google Maps, dan lihat bahwa lokasimu sudah berpindah. Tinggal kirim lokasi itu ke temanmu.

Sekali lagi, ini berguna kalau kamu tidak ingin temanmu tahu posisimu sebenarnya. Ahem, bisa juga sih buat bercanda, seolah-olah kita lagi liburan ke luar negeri atau ke tempat yang lagi tren.

Memulihkan Lokasi di Ponsel

Lalu bagaimana mengembalikan posisi lokasi di ponsel ke tempat semula (aslinya). Mudah. Kalau kamu masih terhubung dengan komputer, tinggal tutup aplikasi UnicTool Tailor Go. Nanti aplikasi akan menawarkan untuk melakukan restart ponsel.

Jadi pada dasarnya yang perlu kamu lakukan memang hanya restart ponsel Android atau iPhone untuk mengembalikan posisi lokasi ke tempat asli. Kamu pun bisa menggunakan aplikasi berbasis lokasi seperti sedia kala.


Nah, itulah cara mengubah lokasi GPS ponsel Android dan iPhone dari komputer. Gampang kan?

Oya, aplikasi UnicTool TailorGo ini bisa kamu gunakan baik di komputer Windows atau Mac. Aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan berlangganan $9.95/bulan (juga tersedia pilihan pembayaran kuartal atau tahunan). Jika berlangganan, kamu bisa memakainya di 1 komputer dan 5 perangkat bergerak.

Tentu kamu bisa mencobanya dulu sebelum berlangganan. Versi Trial akan memberimu kesempatan 3 kali mengubah lokasi ponsel untuk 3 mode yang ada. Lalu penyimpanan lokasi, rute, dan riwayat tidak tersedia dalam versi Trial.

Nah, silakan kunjungi UnicTool jika kamu ingin berlangganan.

    %d blogger menyukai ini: