Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Mengukur Jarak Rute Buatan Sendiri di Google Maps

Anom Penulis

Mungkin kamu sedang ingin menyelenggarakan kegiatan bersepeda bersama, fun run atau jalan sehat. Untuk itu, kamu butuh menentukan rute, sekaligus ingin menentukan jarak tempuhnya. Untungnya Google Maps memberikan cara membuat rute sendiri dan mengukur jarak tempuhnya.

Google Maps memang merupakan aplikasi peta dan arahan yang powerful. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa membantu kita bepergian.

popculture.id

Kita bisa menggunakan fitur arahan (direction) jika kita mau melakukan perjalanan. Bahkan kita juga bisa menambah tujuan jika ingin mampir ke beberapa tempat terlebih dulu.

Keunggulan lainnya, sehubungan dengan informasi jarak, kamu pun bisa bertanya pada mbah Gugel secara langsung tanpa membuka aplikasi.

Tapi mungkin kamu ingin menentukan rute sendiri, bukan yang merupakan saran arahan dari Google Maps. Ada fitur yang berguna baik di website maupun aplikasi Google Maps.

Cara Membuat Rute & Mengetahui Jarak

  1. Buka website Google Maps.
  2. Cari tempat yang menjadi titik awal.
  3. Klik kanan tempat tersebut dan pilih ‘Ukur Jarak‘ (Measure Distance).
  1. Buat rute dengan klik bagian di jalan yang jadi titik berikutnya (misalnya ketika jalan belok).
  2. Begitu seterusnya sampai di tempat tujuan akhir.
  3. Jika sudah, kamu akan melihat kotak berisi informasi jarak, termasuk luas wilayah (kalau kamu kembali ke titik awal).
informasi jarak rute buatan sendiri google maps

Nah, kamu sudah berhasil membuat rute dan mengetahui jarak tempuhnya. Kalau mau, kamu juga bisa mencetaknya. Tinggal klik kanan dan pilih ‘Cetak’ di menu yang muncul.

Cara di atas juga bisa kamu terapkan di aplikasi Google Maps di smartphone. Hanya saja tindakannya sedikit berbeda. Misalnya tekan lama (tap + hold) untuk menentukan titik awal, dan swipe ke atas untuk membuka menu (untuk pilihan ‘Ukur Jarak’).

Nah, sekarang kamu tinggal mencobanya. Kalau sudah tahu, kini kamu bisa merancang aktivitas seperti bersepeda, lari atau jalan sehat, bahkan konser musik (jika ingin tahu luas lokasi) dengan lebih praktis. Betul kan?

    %d blogger menyukai ini: