Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Menyembunyikan Ikon Aplikasi di Menu Bar Mac

menyembunyikan aplikasi menu bar mac

Aplikasi di menu bar Mac adalah aplikasi yang cepat dan mudah dipakai. Tapi kalau terlalu banyak, bisa membuat menu bar penuh. Tapi kita bisa menyembunyikannya. Nah, bagaimana menyembunyikan ikon aplikasi menu bar?

Solusinya mudah. Ada aplikasi yang membantu untuk melakukannya. Sejauh yang saya tahu, ada dua aplikasi. Bartender dan Vanilla. Keduanya pernah saya sebut di artikel aplikasi menu bar Mac pilihan.

Bartender adalah sebuah aplikasi yang sudah beredar lama dan sangat populer. Aplikasi ini merupakan aplikasi komersial. Di sisi lain, aplikasi Vanilla hadir lebih baru dan bisa dipakai gratis (ada tawaran upgrade).

Di sini, aplikasi Vanilla-lah yang saya gunakan. Karena selain gratis, penggunaannya cukup mudah dan penampilannya juga bagus.

mengatur aplikasi di menu bar mac

Cara Menyembunyikan Ikon Aplikasi di Menu Bar Dengan Vanilla

  1. Download aplikasi Vanilla, dan install.
  2. Buka aplikasi.
  3. Kamu akan melihat ikon panah < dan titik ・ di menu bar.
  4. Masukkan ikon aplikasi di antara ikon panah < dan titik ・ itu.
    Caranya dengan geser ikon sambil menekan tombol Command ⌘.
  5. Kamu bisa klik panah > untuk menyembunyikan atau memunculkan ikon aplikasi.
    Ikon panah akan berubah dari < (tersembunyi) menjadi > (terbuka).

[irp posts=”37095″ name=”18 Aplikasi Utility Mac Yang Layak Diperhatikan”]

Patut diketahui kalau aplikasi Vanilla ini mendukung light mode dan dark mode dari Mac. Lalu, perlu diketahui juga kalau aplikasi ini hanya berfungsi di sistem operasi macOS Sierra dan yang lebih baru (El Capitan dan di bawahnya tidak bisa).

Tadi saya sempat menyebut kalau aplikasi ini punya versi Vanilla Pro. Apa keuntungannya? Kamu bisa menyembunyikan ikon aplikasi di menu bar sepenuhnya, aplikasi akan tersembunyi lagi secara otomatis setelah 5 detik, mengaktifkan Vanilla saat kamu login ke Mac, dan menggunakan shortcut.

penggunaan aplikai vanilla

 

Karena saya suka penampilan minimalis (bahkan di desktop tidak ada shortcut aplikasi), aplikasi ini merupakan aplikasi wajib bagi saya. Saya bisa menyembunyikan ikon aplikasi menu bar Mac dan tampilan jadi lebih bersih. Kalau kamu seperti saya, semoga uraian di atas bisa membantu.

Download

More Stories
Merayakan Star Wars The Force Awakens dengan Aplikasi Windows