Bagaimana Menyimpan Alamat Website dengan Facebook

facebook save

facebook save

Tahukah kamu kalau Facebook juga bisa berfungsi sebagai bookmarking alias tempat menyimpan alamat website? Ya, seperti aplikasi Pocket. Fitur yang disebut Facebook Save ini mungkin kurang akrab bagi beberapa orang. Tapi Facebook mengklaim kalau ada sekitar 300 juta orang yang menggunakan fitur ini.

Sama seperti Pocket (atau Pinterest, Tumblr, dll), layanan ini menggunakan ekstensi di browser. Tepatnya ekstensi Chrome. Jadi, itulah langkah pertama yang harus kita lakukan.

  1. Install ekstensi Facebook Save dari Chrome Webstore.
    install-facebook-save-extension-on-chrome
  2. Tombol Facebook Save akan hadir di sebelah kanan kolom halaman URL (address bar). Kalau sudah ter-install, kita sudah bisa menggunakannya. Saat ada artikel yang ingin dibaca nanti, tinggal klik tombol Facebook Save tersebut.
    menyimpan alamat website  di facebook
  3. Karena layanan ini dari Facebook, maka artikel yang kita simpan itu akan tersedia dan disinkronkan di berbagai aplikasi Facebook (atau website).
    Untuk melihatnya di aplikasi Facebook, silakan menuju: More > Saved. Di sana akan hadir daftar artikel yang sudah kita simpan. Kalau mau membacanya ya tinggal klik aja artikel bersangkutan. Kalau mau share, tinggal klik ikon elipsis () di sampingnya.melihat facebook save di aplikasi

Saya pikir, fitur Facebook Save ini akan berguna kalau kamu malas punya banyak layanan/aplikasi. Facebook relatif bisa diakses di berbagai platform. Jadi kalau kamu punya hobi blog walking, fitur ini cukup membantu.

Kelemahan Facebook Save dibandingkan dengan layanan seperti Pocket adalah link yang disimpan akan tetap terbuka di browser dan membutuhkan koneksi internet. Fitur ini tidak menyimpan cache untuk diakses offline.

Begitulah cara menggunakan Facebook sebagai tempat menyimpan alamat website alias bookmark. Semoga menambah wawasan dan bisa jadi sebuah alternatif lain.