Menyimpan Password Secara Aman dengan Enpass

menyimpan password dengan enpass

menyimpan password dengan enpass

Enpass merupakan salah satu aplikasi untuk menyimpan password yang populer. Sebelum ini kami pernah membahas Enpass Windows Phone. Kini Enpass juga sudah tersedia sebagai aplikasi UWP Windows 10, termasuk juga Windows 10 Mobile.

Bagaimana Enpass Menyimpan Password dengan Aman?

Gampangnya, semua data penting–baik password atau nomer penting lain (rekening bank, nomer KTP, dll)–kita catat di satu tempat, dan tempat itu kita kunci dengan password lain atau disebut sebagai Master Password. Kelihatannya sepele ya? Tapi cara kerja seperti ini lebih mudah dan lebih aman daripada kita mencatat di buku catatan atau bahkan di aplikasi catatan lain.

tampilan enpass password management

Kenapa? Pertama, kita tidak perlu takut catatan tercecer. Kedua, tidak perlu takut kalau handphone kita dibuka orang lain (selama ia tidak tahu password Enpass kita). Ketiga, kita hanya perlu mengingat satu password saja.

Jadi, setiap kita membuka aplikasi ini (termasuk mengaksesnya dari layar multitask), Enpass akan meminta kita memasukkan Master Password. Harap diperhatikan, Master Password hanya tercatat di pikiran kita (Enpass tidak menyimpannya). Jadi kalau kita lupa, kita tidak bisa melihat data kita lagi.

menyimpan password dengan aman

Nah, data yang kita buat, disimpan secara lokal di perangkat oleh Enpass dengan dilindungi dengan enkripsi 256 bit AES menggunakan piranti enkripsi open-source SQLcipher. Yah, saya memang bukan ahli keamanan digital. Tapi itulah janji mereka. Keamanan.

Selain menyimpan data, Enpass juga menawarkan fitur membuat password. Kalau kalian coba, password buatan Enpass cukup rumit dan susah dihapal. Tapi memang itu tujuannya kan? 😀

Sinkron ke Berbagai Perangkat dan Layanan Cloud

Salah satu keuntungan menggunakan Enpass untuk menyimpan password atau nomer penting lainnya adalah layanan ini mendukung berbagai platform. Mulai dari Windows PC (win32), Windows 10 UWP, iOS, MacOS, Android, Linux, ekstensi browser, bahkan Blackberry. Aplikasi ini juga mendukung berbagai layanan cloud. Sebutlah OneDrive, DropBox, Box, iCloud, atau Google Drive. Dengan demikian, data bisa disinkronisasi antar perangkat dengan mudah, dan tetap aman.

menyimpan password di enpass windows

Di Windows tersedia dua jenis aplikasi Enpass. Yang satu UWP, dan yang satu lagi Windows PC (Win32). Aplikasi Enpass UWP Windows 10 punya harga cukup mahal, yaitu Rp124.300,-, dengan trial sebatas 20 catatan data. Sedangkan versi Windows PC bisa didapat secara gratis. Sebenarnya, semua versi desktop Enpass tersedia secara gratis, termasuk untuk MacOS dan Linux.

Seperti sudah saya sebut di atas, Enpass merupakan salah satu layanan untuk menyimpan password. Selain Enpass, ada juga LastPass, 1Password, dan yang lainnya. Silakan dicoba yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kalian. Kalau ingin mencoba Enpass, silakan pilih aplikasi sesuai platform kalian melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

%d blogger menyukai ini: