Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Tips Merawat Mouse Pad Agar Tidak Cepat Rusak

5 Tips Merawat Mouse Pad Agar Tidak Cepat Rusak

Merawat Mouse Pad yang kamu punya mungkin suatu kegiatan yang jarang sekali dilakukan, iya kan? Mouse Pad adalah aksesori penting dalam sebuah setup komputer, apalagi jika kamu seorang gamers PC.

Alat tersebut bisa mempengaruhi seberapa nyaman pergerakan mouse disaat kamu menggunakannya. Ada 2 tipe surface dari Mouse Pad ini, yaitu hard dan soft. Hard biasanya dibuat dengan bahan dasar karet dan lapisan plastik keras di permukaannya, sedangkan soft berbahan dasar karet dan busa dan lapisan kain halus di permukaannya.

popculture.id

[irp posts=”46367″ name=”6 Gaming Gear yang Wajib Kamu Beli”]

Kedua tipe tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi apapun tipenya, kamu harus rajin-rajin merawat Mouse Pad yang kamu punya agar tidak cepat rusak. Maka dari itu, baca terus tulisan ini karena saya akan membahas tips-tips merawat Mouse Pad!

Bersihkan Tangan Kamu!

5 Tips Merawat Mouse Pad Agar Tidak Cepat Rusak

Sebelum duduk didepan komputer ataupun laptop yang memakai mouse, ada baiknya kamu membersihkan tangan terlebih dahulu. Karena mau tidak mau, tangan kamu sering bersentuhan dengan.

Jadi kalau tangan kamu kotor lalu memainkan game favorit di PC tanpa memikirkan Mouse Pad, ya jangan salahkan produsennya kalau Mouse Pad kamu cepat rusak karena terlalu kotor.

Gunakan Alas Rata

5 Tips Merawat Mouse Pad Agar Tidak Cepat Rusak

Seberapapun mahalnya Mouse Pad yang kamu punya, pasti akan cepat rusak jika permukaan tempat menaruh Mouse Pad tersebut tidak rata. Walaupun efeknya tidak terlalu terasa, lambat laun Mouse Pad kamu akan mudah rusak karena pergesekan antara alas tempat Mouse Pad yang tidak rata.

Selain alas tempat menaruh Mouse Pad yang rata, perhatikan juga kebersihannya. Atasnya bersih tapi bagian bawah Mouse Pad kotor ya sama saja.

Tutup Permukaan Mouse Pad Jika Tidak Digunakan

5 Tips Merawat Mouse Pad Agar Tidak Cepat Rusak

Hal sepele yang sebenarnya juga sangat penting bagi umur Mouse Pad. Meskipun ruangan kamu memiliki AC dan kebersihan yang terjaga, usahakan menutup Mouse Pad dengan plastik ataupun benda halus lainnya jika tidak digunakan.

Membiarkannya dalam keadaan “telanjang” dalam waktu yang lama bisa membuat debu makin lama makin menumpuk dan membuat Mouse Pad jadi susah dibersihkan.

Bersihkan Mouse Feet atau Ganti Jika Sudah Waktunya

5 Tips Merawat Mouse Pad Agar Tidak Cepat Rusak

Tips ini sangat berguna kalau mau bisa berjam-jam menggunakan komputer. Mouse yang sering kamu pakai bisa menyebabkan kotoran menumpuk di bagian bawah mouse, atau yang biasa disebut dengan mouse feet.

[irp posts=”47832″ name=”Blizzard Berencana Membuat Game FPS Baru. Kira-Kira Akan Seperti Apa?”]

Hal itu bisa membuat Mouse Pad jadi ikutan kotor. Mouse feet yang biasanya berbentuk karet kecil dan menempel pada bagian bawah mouse biasanya akan menyimpan kotoran debu jika sering digunakan, berarti kamu harus menggantinya segera daripada Mouse Pad kamu ikutan kotor.

Rutin Seminggu Sekali Membersihkannya

5 Tips Merawat Mouse Pad Agar Tidak Cepat Rusak

Tips terakhir yang harus kamu lakukan jika ingin Mouse Pad-nya awet adalah sering membersihkannya secara total. Selayaknya kendaraan yang harus dicuci, Mouse Pad juga perlu terkena air sabun minimal seminggu sekali.

Cara membersihkan rutin yang dilakukan seminggu sekali cukup menggunakan air hangat dan cairan pembersih khusus. Tapi ingat, jangan menggosok/menyikat bagian atas Mouse Pad terlalu kuat, karena bisa merusak permukaan Mouse Pad!

Silakan dicoba tips-tips merawat Mouse Pad diatas agar Mouse Pad punya kamu selalu awet dan terjaga kebersihannya!

    %d blogger menyukai ini: