Microsoft Edge Kids Mode: Mode Khusus Anak yang Aman dan Lucu

Lewat postingan di Windows Blog, Microsoft resmi kenalkan Microsoft Edge Kids Mode. Ini adalah mode khusus anak yang aman dengan tampilan super lucu.

Beberapa waktu lalu, Microsoft Edge resmi memantapkan posisinya sebagai browser nomor 3 yang paling banyak dipakai orang. Browser ini bahkan berhasil mengalah Firefox lho!

Untuk menjaring lebih banyak pengguna, Microsoft kali ini mulai menyasar pengguna dari kalangan anak-anak. Dengan meluncurkan Microsoft Edge Kids Mode, perusahaan mencoba menyediakan mode browser yang aman buat anak-anak.

Tentang Microsoft Edge Kids Mode

Sebelumnya berdasarkan penelitiannya, Microsoft mengungkapkan ada sekitar 50% orang tua di AS yang menganut ‘skenario lepas tangan.’ Artinya, orang tua ini membiarkan anak mengakses web dari perangkat yang mereka biasanya pakai untuk bekerja.

Untuk orang tua di AS dengan anak-anak usia 12 tahun ke bawah, sebanyak 58% merasa prihatin dengan masalah yang dihadapi anak-anak mereka, ketika memakai produk dan layanan digital.

Berangkat dari hasil penelitian itu, Microsoft memutuskan untuk membuat Microsoft Edge Kids Mode. Mode ini dibuat bukan hanya demi keamanan anak, namun agar orang tua juga lebih tenang saat mengawasi anak ketika bermain di dunia online.

Cara Memakai Kids Mode

Untuk mengaktifkan Kids Mode, caranya sangat mudah. Kamu cukup klik profil akunmu yang ada di pojok kanan atas Edge, lalu pilih ‘Browse in Kids Mode.

Dari sana, kamu akan diminta untuk memilih rentang usia yang sesuai dengan umur anak. Pilihannya ada dua yakni antara ‘5 – 8’ atau ‘9 – 12’ tahun.

Sudah, cuma itu saja. Setelah memilih rentang usia anak, kamu akan dibawa pergi dari tampilan umum Microsoft Edge, dan bersiaplah masuk ke tampilan khusus anak yang indah.

Fitur Keamanan Kids Mode

Sesuai namanya, Kids Mode dibekali fitur yang sesuai dan aman buat anak. Mode ini dibekali tingkat pencegahan pelacakan super ketat, dan bisa memblokir berbagai pelacak privasi dan iklan. Kids Mode juga akan memblokir berbagai teks, gambar, dan video dewasa dari pencarian online anak-anak.

Terlepas dari kelompok usianya, Kids Mode akan membatasi situs yang bisa diakses oleh anak. Untuk sementara ini, baru sekitar 70 situs anak populer yang diizinkan tampil di mode ini. Namun kamu tetap bisa menyesuaikan daftar situs pilihan di pengaturan Microsoft Edge.

Sumber Gambar : Windows Blog

Jika anak mencoba mengakses situs yang tak diizinkan oleh Kids Mode, mereka akan disambut dengan halaman blokir yang kids-friendly. Halaman ini akan mendorong anak untuk meminta izin atau mencoba mengalihkannya ke tempat lain.

Khusus untuk anak dengan rentang usia 9 – 12 tahun, umpan berita yang disajikan dalam New Tab Page berisi artikel yang dikurasi khusus dari MSN untuk anak. Topik artikel ini berkisar tentang hewan, sains, hingga fakta menarik untuk menghibur anak.

Satu lagi keunikan dari Kids Mode. Saat ingin keluar dari Kids Mode, browser akan meminta autentikasi dari orang tua. Fungsinya untuk jaga-jaga, siapa tahu anak-anak tak sengaja keluar dari Kids Mode dan mengakses situs orang dewasa.

Tampilan Lucu dan Beragam

Namanya juga Kids Mode, jadi tampilannya juga dibikin agar sesuai dengan selera anak-anak. Nah, kali ini, Microsoft telah berkolaborasi dengan Disney untuk membuat tema Kids Mode yang menyenangkan.

Anak-anak bisa mengkustomisasi Kids Mode dengan tampilan yang sesuai film Disney kesukaan mereka. Contohnya “Frozen,” “The Little Mermaid,” “Finding Nemo,” “Cars,” “Toy Story,” dan “Coco.”

%d blogger menyukai ini: