Kalahkan Firefox, Microsoft Edge Jadi Browser Pengguna Terbanyak No 3

browser microsoft edge

Wow, akhirnya browser Microsoft Edge mulai menunjukkan taringnya. Berdasarkan data terbaru, browser Microsoft Edge berhasil kalahkan Firefox dan menduduki posisi 3 untuk pengguna terbanyak di desktop.

Kelihatannya strategi Microsoft membuahkan hasil. Seperti kita ketahui, Edge kini berbasis Chromium, sama seperti browser buatan Google, Chrome.

Tidak hanya bisa memiliki standar dan ekstensi yang sama dengan Chrome, Edge kini juga menghadirkan berbagai fitur menarik. Bahkan tidak takut untuk membuat terobosan, seperti memakai tab vertikal.

Statistik Pengguna Browser di Desktop

Laporan kalau Microsoft Edge berhasil mengalahkan Firefox berasal dari statistik StatCounter. Dari statistik itu, Edge berhasil unggul sedikit dengan jumlah pengguna desktop 8.04%. Sementara Firefox meraih jumlah 7.97%.

Yang menarik, dari garis grafik pertumbuhan, kita bisa melihat kalau pengguna Microsoft Edge meningkat secara bertahap dengan cukup signifikan sejak bulan Mei 2020.

Sementara itu, browser Google Chrome masih berada jauh di posisi 1 dengan 67.09% pengguna. Sedangkan browser Safari dari Apple ada di posisi kedua dengan jumlah pengguna 10.13%.

Dengan kehadiran Edge secara bawaan di sistem operasi Windows dan kini juga sudah sama dengan Chrome, bukan tidak mungkin Edge terus berkembang dan mengalahkan Safari.

Kisah Berbeda di Perangkat Bergerak

Menariknya, nama-nama berbeda hadir di perangkat bergerak. Untuk smartphone dan tablet, ada browser lain yang juga unjuk gigi.

Di tablet, browser Safari yang menjadi jawara kini tunduk pada Chrome. Kelihatannya iPad yang menjadi raja tablet tidak bisa membendung pengguna meloncat ke browser lain. Selain itu, selama pandemi, tablet Android (yang tidak banyak) mulai menjadi pilihan perangkat.

Di wilayah smartphone, Chrome tetap jadi nomor satu dengan Safari di bawahnya. Sementara itu, posisi nomor 3 diduduki oleh browser Samsung Internet. Selain Samsung memang merupakan merek ponsel paling laris, browser itu pun sering mendapat pujian.

Microsoft Edge sendiri belum berhasil menembus 5 besar di browser perangkat bergerak.

%d blogger menyukai ini: