Xbox One is Dead! Microsoft Resmi Hentikan Produksi Konsol Xbox One

Indri Penulis

Microsoft resmi menghentikan produksi semua konsol Xbox One. Salah satu penyebab Microsoft stop produksi Xbox One adalah karena krisis chip.

Waktu berlalu dengan cepat, dan tidak terasa sudah hampir 9 tahun sejak konsol Xbox One peertama kali rilis. Ya, konsol tersebut memulai debutnya pada tahun 2013 (sama seperti PlayStation 4).

Di tahun 2023 nanti, Xbox One akan berumur 10 tahun. Namun sayangnya, konsol tersebut tak akan pernah bisa merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Kenapa?

Sebab baru-baru ini, Microsoft resmi mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi untuk semua konsol Xbox One.

Sumber : SVG

Alasan Produksi Konsol Microsoft Xbox One Dihentikan

Kamu mungkin penasaran soal alasan kenapa Microsoft sampai menyudahi karir Xbox One. Sebenarnya ada dua alasan utama kenapa konsol ini terpaksa dihentikan ‘selamanya.’

Alasan pertama, saat ini krisis chip semikonduktor tengah terjadi secara global. Karena krisis inilah berbagai produk elektronik yang membutuhkan chip mengalami penundaan pengiriman. Bahkan dalam beberapa kondisi, produk tersebut juga ikut mengalami kelangkaan.

Contohnya bisa kamu lihat pada PlayStation 5/PS5. Sejak konsol terbaru Sony itu rilis, mereka sudah langsung mengalami kelangkaan. Selain karena tingginya permintaan konsumen, krisis chip juga membuat konsol tersebut makin langka.

Konsol genggam sekelas Nintendo Switch juga mengalami kejadian yang serupa. Bahkan Nintendo Switch diprediksi bakal ‘semakin langka’ di tahun 2022.

Itu jugalah yang dirasakan oleh Microsoft saat ini. Diam-diam, Microsoft juga galau gara-gara krisis chip membuat konsol mereka mengalami kelangkaan. Padahal di sisi lain, Microsoft tentu ingin memenuhi semua permintaan konsol dari pelanggannya.

Apalagi Microsoft juga baru meluncurkan konsol terbaru Xbox Series X | S pada November 2020. Kelangkaan chip jelas membuat penjualan konsol mahal itu tak terlalu memuaskan.

Akhirnya Microsoft pun bikin keputusan.  Agar bisa lebih fokus memproduksi Xbox Series X | S, Microsoft memutuskan untuk menghentikan produksi Xbox One. Dengan begitu, chip semikonduktor akan bisa dialihkan ke Xbox Series X | S.

Di sisi lain, bagaimana nasib dari rival Xbox One, PS4? Apakah PS4 bakal bernasib sama seperi Xbox One? Dilansir dari XDA-Developers, Sony akan tetap melanjutkan produksi PS4. Jadi nasib konsol tersebut masih aman. Cuma mungkin tahun ini calon pembeli bakal lebih sulit mendapatkan PS4.

    %d blogger menyukai ini: