Microsoft Umumkan Loop, Aplikasi Kolaborasi Pesaing Notion dan Coda

Kamu yang berharap Microsoft merilis aplikasi yang seperti Notion dan Coda mungkin akan gembira. Segera hadir aplikasi Microsoft Loop sebagai sarana kolaborasi yang lebih fleksibel.

Ya, aplikasi seperti Notion dan Coda sering disebut sebagai aplikasi produktivitas atau pengolah dokumen generasi baru. Terutama karena kemampuan mereka mengolah data dalam satu tempat dan menyajikannya dalam berbagai bentuk berbeda.

Melalui Ignite, Microsoft mengumumkan aplikasi Microsoft Loop, yang punya kemampuan sejenis. Sebuah aplikasi yang menjadi sarana kerja kolaborasi dengan komponen dokumen, tabel, presentasi, dll dalam satu tempat.

Namun sebagai perusahaan yang memiliki aplikasi produktivitas, Microsoft memiliki keuntungan tersendiri. Loop merupakan langkah lebih lanjut dari apa yang sebelumnya disebut sebagai Fluid Framework.

Microsoft Loop memiliki tiga bagian penting. Ada Workspace, Pages, dan Components.

Workspace merupakan sebuah tempat untuk mengumpulkan dan mengelompokkan semua hal yang penting dalam proyekmu. Mulai dari perencanaan, membuat pusat informasi, melacak perkembangan proyek, dll.

Pages merupakan halaman di dalam Workspace tempat kamu menyajikan dokumen dan data dalam berbagai bentuk komponen (teks, tabel, dll).

Components adalah data yang kamu buat di dalam Loop dan bisa kamu terapkan dalam aplikasi Office lain. Misalnya kamu membuat tabel untuk voting di Loop dan membaginya di Microsoft Teams.

aplikasi microsoft loop

Sejauh yang terlihat, cara kerja Microsoft Loop memang mirip dengan Notion dan Coda. Artinya, secara pemakaian — misalnya tabel — akan lebih mudah dan multifungsi daripada kamu membuatnya di Excel. Lalu keuntungan lainnya, kamu bisa menggunakan komponen tersebut di aplikasi Office lain. Yang membuat Loop setahap lebih efisien dari aplikasi sejenis.

Aplikasi ini baru akan mulai meluncur untuk publik pada bulan-bulan mendatang. Jadi untuk kamu yang berharap ada aplikasi seperti Notion dan Coda di Microsoft Office, harap bersabar.

%d blogger menyukai ini: