Microsoft Mengumumkan Windows 10

Terry & Joe Windows 10 QA

Microsoft akhirnya mengumumkan Windows 10 sebagai versi terbaru operating system Windows. Namanya memang bukan Windows 9 seperti yang diduga selama ini. Sistem operasi generasi terbaru ini menghadirkan visi masa depan dari Microsoft, dan itu termasuk Windows Phone.

Perhelatan kali ini memang bukanlah rilis publik. Yang disajikan baru Windows 10 technical preview dan menyoroti sisi enterprise (penggunaan platform untuk produktivitas perusahaan/bisnis). Tapi yang menarik, hal ini akan menjadi pijakan untuk platform Windows ke depan, yaitu penyelarasan sistem operasi di berbagai perangkat. Dari XBOX One, komputer, tablet sampai ponsel akan memiliki pengalaman penggunaan yang konsisten, termasuk dalam aplikasi dan bursa aplikasi.

windows 10 di berbagai perangkat

Secara garis besar, Windows 10 menggabungkan fungsionalitas antara Windows 7 dan Windows 8. Pengguna akan bisa menyesuaikan (memilih) tampilan sesuai kebutuhan. Apakah dengan keyboard dan mouse atau berbasis layar sentuh. Microsoft menyebutnya continuum. Salah satu contohnya adalah untuk perangkat hybrid seperti Surface, start menu bisa berubah jadi start screen (begitu sebaliknya) saat keyboard dilepas/dipasang.

Windows 10 juga menghadirkan beberapa fitur baru seperti: Expanded Start Menu, yaitu tambahan menu seperti start screen Windows Phone di samping menu ala Windows 7; Task View, menampilkan semua aplikasi dan file yang sedang berjalan; Multiple Desktops, beberapa desktop yang bisa menjalankan aplikasi dan file berbeda; Snap, kemampuan menampilkan aplikasi atau file yang berjalan di beberapa desktop dan memilih salah satunya.

Memang, Windows Phone hampir tidak disebut dalam presentasi ini. Tapi menarik menunggu perkembangan Windows Phone berdasarkan Windows 10. Yah, bahkan mungkin tidak akan ada Windows Phone, hanya Windows 10. Paling tidak begitulah jawaban Joe Belfiore saat mendapat pertanyaan apakah Windows 10 akan menjadi versi terbaru Windows Phone.

Microsoft mulai meluncurkan Windows 10 technical preview pada tanggal 1 Oktober melalui apa yang disebut dengan Windows Insider Program. Program ini ditujukan sebagai sarana uji coba secara kolaboratif untuk pengembangan Windows 10. Jadi tentu saja versi ini masih jauh dari sempurna. Justru mereka yang bergabung di program inilah yang akan memberikan masukan demi kesempurnaan Windows 10. Informasi lebih jauh soal Windows Insider Program dapat dilihat di preview.windows.com.

Tambahan: Windows 10 rencananya akan dirilis resmi pada pertengahan tahun 2015, setelah perhelatan konferensi /build.