Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Microsoft Rencanakan Rilis Perangkat Streaming Game untuk TV

Anom Penulis

Setelah dulu berambisi membawa Windows ke setiap komputer di dunia, kini Microsoft nampaknya berencana membawa permainan Xbox ke setiap perangkat. Kabarnya Microsoft berencana merilis perangkat untuk streaming game tahun depan.

Saat ini Microsoft memang sedang mengembangkan layanan cloud gaming. Melalui layanan berlangganan Xbox Game Pass, Microsoft membawa berbagai permainan ke perangkat bergerak seperti ponsel dan tablet (baik Android dan iOS) lewat teknologi cloud. Layanan Xbox Cloud Gaming ini sekarang masih dalam tahap beta.

popculture.id

Walau begitu, kelihatannya Microsoft berencana mengembangkan kapasitas perangkat lebih jauh lagi. Menurut Venture Beat, dalam waktu 12 bulan mendatang Microsoft akan meluncurkan perangkat streaming game.

Perangkat ini mungkin akan seperti yang dimiliki oleh Roku atau Chromecast. Dengan begitu, pengguna bisa mengakses koleksi game melalui Smart TV. Tanpa harus memiliki konsol Xbox.

xbox streaming game

Menariknya lagi, Microsoft juga disebutkan bekerja sama dengan Samsung untuk membuat aplikasi khusus. Dengan begitu kamu juga bisa main game Xbox secara streaming dan langsung, tanpa tambahan perangkat lain.

Seperti sudah disebut di atas, layanan Xbox Game Pass ini sudah tersedia baik untuk konsol, PC, tablet dan ponsel baik Android dan iOS. Walau begitu, untuk wilayah Indonesia baru tersedia layanan PC Game Pass.

Main game secara streaming lewat teknologi cloud nampaknya memang menjadi tujuan selanjutnya dari berbagai perusahaan terkait. Lihat saja Google Stadia, GeForce Now, PlayStation Now, atau Amazon Luna. Bahkan Netflix pun mulai menawarkan game dalam layanan mereka (walau belum secara streaming).

Yah, tentu saja untuk bisa memainkan game lewat streaming, kita membutuhkan koneksi internet yang ekstra kencang. Mungkin ketika nanti kondisi itu terpenuhi, kita bisa menikmatinya. Untuk sementara, kita nikmati saja perkembangan teknologi ini.

    %d blogger menyukai ini: