Layanan Xbox Console Streaming Bakal Hadir untuk iOS dan PC

Ada kabar bagus buat kamu gamer Xbox. Karena sebentar lagi, Microsoft akan meluncurkan layanan Xbox Console Streaming untuk iOS dan PC.

Tahun lalu, Microsoft kedapatan mengembangkan layanan bernama Xbox Console Streaming di perangkat Android. Lewat layanan ini, gamer Android bisa main game Xbox lewat teknologi cloud.

Layanan tersebut lalu diluncurkan sekitar awal tahun 2020. Microsoft sendiri mengungkapkan jika mereka akan menghadirkan layanan serupa untuk perangkat iOS dan PC. Sepertinya Microsoft akan menepati omongan mereka.

Rumor Xbox Console Streaming untuk iOS dan PC

Hingga saat ini, memang belum ada konfirmasi resmi dari Microsoft. Namun beberapa rumor soal Xbox Console Streaming untuk iOS dan PC sudah mulai muncul.

Dilansir dari GSMArena, layanan ini tidak jauh berbeda dengan versi Android. Gamer tidak diwajibkan memiliki perangkat kuat agar bisa mengakses game-game baru. Karena semua aktivitas bermain dilakukan via cloud.

Sumber Gambar : 9to5mac

Sementara jika gamer sudah memiliki konsol Xbox dan berlangganan Game Pass Ultimate ($15/bulan), gamer malah bisa langsung menikmati game lewat browser atau aplikasi Xbox di Windows.

Sedangkan untuk pengguna iOS, layanan game xCloud kemungkinan besar akan dijalankan lewat browser di iPhone. Sama seperti yang terjadi di Google Stadia, GeForce Now dan Amazon Luna.

Kenapa Xbox Console Streaming harus dilakukan lewat browser iPhone, bukan dari aplikasi Xbox? Kabarnya, hal ini dilakukan untuk menghindari tarif dan persyaratan ketat dari App Store Apple.

Sebelumnya, Microsoft dan Apple kabarnya terlibat perselisihan. Perselisihan itu mengenai apakah layanan streaming game harus tersedia lewat App Store atau tidak. Ending-nya, Microsoft menolak keras persyaratan ketat dari Apple.

Sebagai solusi, Microsoft akhirnya meluncurkan aplikasi Xbox di App Store. Tapi aplikasi Xbox dan layanan Xbox Console Gaming berbeda ya.

Aplikasi Xbox memungkinkan gamer melakukan streaming game dari konsol Xbox One ke iPhone. Sedangkan layanan Xbox Console Gaming memunkinkan gamer melakukan streaming game langsung dari server (tidak perlu konsol Xbox One).

Untuk sementara ini, hanya itu saja bocoran yang saya dapatkan soal Xbox Console Streaming yang baru. Belum ada bocoran lebih jelas soal tanggal rilis dsb. Namun satu hal yang pasti dari layanan ini. Gamer wajib punya koneksi internet cepat dan stabil.

Hm, kira-kira layanan ini bakal cocok buat gamer Xbox di Indonesia tidak ya? Mengingat internet di Indonesia masih โ€˜ngadatโ€™ meski jaringan sudah 4G+.

%d blogger menyukai ini: