Microsoft Berencana Merombak Tampilan Windows 10 di Tahun 2021

Informasi yang sangat menarik muncul dan menyebutkan kalau Microsoft berencana merombak tampilan antar muka Windows 10 dalam pembaruan besar-besaran.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang resmi meluncur di tahun 2015. Sistem operasi ini “mengembalikan” Windows pada tradisinya semula. Sebelumnya, Microsoft mencoba Windows 8 dengan pendekatan perangkat bergerak, bersamaan dengan pengembangan Windows Phone.

Sudah lebih dari 5 tahun berselang dan Windows 10 pun sudah memiliki penampilan antar muka yang sedikit berbeda dan lebih keren dari pertama dirilis. Namun kelihatannya Microsoft akan membuatnya lebih bagus dalam pembaruan sistem operasi di masa mendatang.

Rumor Tampilan Baru Windows 10

Kabar mengenai pembaruan antar muka Windows 10 ini sudah berhembus sejak tahun 2020. Lalu belum lama ini juga muncul bocoran yang lebih mengigit soal rencana pembaruan ini.

Rumor “Sun Valley”

Pada bulan Oktober 2020, Zac Bowden dari Windows Central menyebutkan sebuah proyek antar muka dengan nama kode “Sun Valley.” Proyek ini akan hadir sebagai bagian dari pembaruan Windows 10 “Cobalt” yang direncanakan akan meluncur pada tahun 2021.

Proyek antar muka ini akan memberikan tampilan baru untuk beberapa elemen penting Windows. Misalnya di Start Menu, Action Center, sampai File Explorer. Tampilannya akan lebih modern dengan animasi yang lebih keren dan juga lebih konsisten.

konsep tampilan windows 10 2021
gambar: Microsoft

Pada bulan Desember 2020, Mayank Parmar dari Windows Latest menunjukkan perubahan yang mulai hadir di Windows 10. Perubahan ini terlihat melalui aplikasi ‘Alarm & Clocks’ yang memiliki elemen tampilan baru, termasuk sudut yang lebih membundar dan animasi baru.

gambar: Windows Latest

Bocoran Lowongan Pekerjaan

Selain munculnya perubahan di aplikasi ‘Alarm & Clocks’ di atas, Mayank Parmar juga menemukan lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan pengalaman penggunaan Windows 10.

Pada lowongan pekerjaan itu, terdapat deskripsi tujuan untuk “memberi pembaruan pengalaman visual Windows 10 yang menunjukkan pada konsumen kalau Windows KEMBALI, dan meyakinkan kalau Windows adalah sistem operasi yang memberi pengalaman terbaik.”

Namun kemudian Microsoft menyunting deskripsi di lowongan pekerjaan itu dan menghapus pernyataan di atas.

Siap Versi Beta Tahap Awal

Windows Latest juga menyebutkan kalau proyek “Sun Valley” sudah mencapai tahapan untuk siap masuk versi beta di Windows 10 21H2. Pembaruan ini akan memberikan tampilan baru tahap awal. Diduga, pembaruan untuk versi beta ini akan meluncur pada akhir Februari 2021.

Sesuai proses yang sebelumnya berjalan, kemungkinan besar kamu yang mengikuti Windows Insider bakal mendapat pembaruan ini terlebih dulu sebelum Microsoft merilisnya untuk publik.

Sejauh ini, perombakan tampilan antar muka Windows 10 kelihatannya akan berjalan setahap demi setahap. Kita lihat saja seperti apa penampilannya nanti. Semoga memang jadi lebih keren.

%d blogger menyukai ini: