Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Uji Windows 11 Studio Effects, Bisa Akses Via Taskbar

windows 11 studio effects
Sumber: Petri
Indri Penulis

Microsoft resmi melakukan uji coba Windows 11 Studio Effects. Uji coba tersebut dilakukan lewat preview build Windows 11 Insiders di Beta Channel.

Windows 11 Studio Effects adalah fitur yang bisa memberikan efek pada panggilan video dan suara. Fitur ini mampu membuat pembingkaian otomatis untuk panggilan video. Sehingga pengguna bisa tetap di tengah bingkai panggilan video.

Windows Studio Effects hadir berbarengan dengan Windows 11 versi 22H2. Awalnya, Windows Studio Effect hanya bisa diakses lewat aplikasi Windows Settings.

Tapi setelah peluncuran Windows 11 build 22623.885, ada sedikit perubahan. Apa saja perubahannya? Mari kita lihat bersama.

Beberapa Perubahan di Uji Coba Windows 11 Studio Effects

Dalam Windows 11 build 22623.885, pengguna perangkat dengan dukungan Neural Processing Unit lebih diuntungkan. Karena bisa mengakses fitur tersebut langsung dari Taskbar Settings. Membuat akses fitur bisa berjalan lebih cepat.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengonfigurasi Studio Effects langsung dari sana. Misalnya mengaktifkan/menonaktifkan fokus suara, keburaman latar belakang, kontak mata, dan masih banyak lagi.

windows 11 studio effects
Sumber: Windows Central

Pertanyaannya, apakah Windows 11 Studio Effects sudah tidak bisa diakses lewat aplikasi Windows Settings? Bisa kok. Selain lewat Quick Settings, pengguna masih bisa mengakses fitur tersebut lewat Windows Settings (kalau mau).

Sementara itu dalam Windows build 22623.855, Microsoft tidak hanya menghadirkan pembaruan Studio Effects. Microsoft juga menambahkan halaman Energy Recommendation ke aplikasi Windows Settings. Untuk mengaksesnya, klik “Settings > System > Power & Battery > Energy Recommendation.”

Sesuai namanya, halaman tersebut akan memandu pengguna tentang hal-hal yang bisa dilakukan di PC, demi meningkatkan efisiensi energi. Tidak hanya itu, ada juga panduan pemakaian PC agar tidak meninggalkan jejak karbon.

Baca Juga:  Cara Menghapus Recent Files di Windows, Jaga Privasi Komputer Tetap Aman!

Microsoft juga turut meluncurkan fitur panel Widget yang diperluas ke lebih banyak pengguna Windows 11 Insider. Peluncuran fitur tersebut sudah dimulai hari ini. Tapi kalau kamu belum melihatnya, tunggu saja sebentar lagi.

Masih ada lagi, Microsoft juga menghadirkan dukungan untuk mengatur ikon di flyout ikon tersembunyi di System Tray. Ada juga penambahan dukungan keyboard Tamil dalam beberapa bahasa asing.

Terakhir, Microsoft menghadirkan beberapa perbaikan ke dalam sistemnya, yakni antara lain:

  • Memperbaiki beberapa crash explorer.exe.
  • Memperbaiki masalah di aplikasi obrolan tertentu.
  • Menampilkan ikon tersembunyi flyout di System Tray secara responsif.
  • Memperbaiki masalah yang bisa menyebabkan flyout show hidden icon terputus dari Taskbar.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan ikon volume di System Tray salah ditampilkan.
  • Memperbaiki masalah saat memanggil menu konteks untuk item di System Tray.
  • Meningkatkan kinerja penghapusan file lewat File Explorer.
  • Perbaikan masalah lain yang mempengaruhi beberapa aplikasi modern.

Nah itu dia beberapa pembaruan yang ada dalam Windows 11 build 22623.885. Termasuk salah satunya uji coba fitur Windows 11 Studio Effects yang ikonik.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]