Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Microsoft Mulai Uji Paket “Xbox Game Pass Friends & Family”

Indri Penulis

Baru-baru ini beredar bocoran soal layanan “Xbox Game Pass Friends & Family.” Wah, pelanggan bisa sharing langganan ke orang lain nih.

Layanan streaming game saat ini populer banget di kalangan gamer. Sesuai namanya, layanan ini memungkinkan pelangganan main game secara streaming. Artinya, pelanggan tidak membutuhkan storage besar. Karena game-game yang dimainkan sudah tersimpan dalam sistem penyimpanan berbasis cloud.

popculture.id

Ada banyak layanan streaming game yang bisa dipilih. Salah satu yang paling populer adalah layanan Xbox Game Pass besutan Microsoft. Menariknya, baru-baru ini Microsoft kabarnya tengah menguji coba layanan berlangganan baru bernama “Xbox Game Pass Friends & Family.” Nah pertanyaannya, apa yang menarik dari layanan tersebut?

Uji Coba Layanan “Xbox Game Pass Friends & Family”

Menurut keterangan dari The Verge, layanan tanpa nama tersebut sudah mulai diuji coba di Kolombia dan Irlandia sejak awal Agustus 2022. Akhir Agustus ini, pengguna Twitter Aggiornamenti Lumia membagikan tampilan banner layanan tersebut. Seperti yang kamu lihat, layanan tersebut akan bernama “Xbox Game Pass Friends & Family.”

Beberapa dari kamu mungkin penasaran, kenapa Microsoft harus bikin layanan Friends & Family? Padahal mereka sudah punya Xbox Game Pass dan Xbox Game Pass Ultimate. Yah, sebenarnya ada alasan cukup unik kenapa Microsoft memutuskan bikin layanan tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum kalau setiap layanan berlangganan ‘tidak hanya dipakai 1 orang saja.’ Diam-diam, pelanggan biasanya akan berbagi layanan berlangganan dengan orang lain. Alasannya tentu saja biar lebih hemat.

Apalagi kalau aktivitas berbagi layanan dilakukan dengan orang satu rumah (keluarga). Cukup satu orang yang berlangganan, tapi seluruh anggota keluarga di rumah sudah bisa ikut ‘nebeng’ layanan tersebut.

Nah, dengan adanya uji coba tersebut, Microsoft sepertinya tidak serta-merta melarang pengguna berbagi layanan berlangganan dengan orang terdekat mereka.

Sebaliknya, Microsoft justru menangkap peluang bagus dari aktivitas yang sebenarnya ilegal itu. Bukannya melarang pelanggan, Microsoft justru menawarkan solusi yang akan berbalik menguntungkan mereka. Yakni dengan menghadirkan fitur Friends & Family untuk berbagi layanan dengan keluarga dan teman.

Strategi ini juga diterapkan oleh raksasa streaming film & serial, Netflix. Beberapa waktu lalu, Netflix sempat ingin menaikkan biaya berlangganan dan memungkinkan pengguna berbagi layanan ke orang lain. Hanya saja, sepertinya proses uji coba mereka malah berjalanan kacau. Nah nggak tahu nih, kira-kira uji coba Microsoft bakal berhasil atau tidak.

Menurut pratinjau yang ada saat ini, layanan tersebut memungkinkan pelanggan Xbox Game Pass Ultimate membayar €21,99/bulan (harga di Irlandia). Paket tersebut mencakup kemampuan berbagi fitur berlangganan ke maksimal 4 orang.

Untuk semantara ini, Microsoft belum mematok batasan yang rumit untuk layanan tersebut. Cuma Microsoft mengatakan kalau layanan tersebut hanya bisa dilakukan dengan penduduk negara yang sama.

Microsoft saat ini menawarkan layanan Xbox Game Pass atau PC Game Pass seharga $9,99/bulan. Tapi harga tersebut tidak termasuk kemampuan multiplayer online. Kalau mau mendapatkan kemampuan tersebut, pengguna harus meningkatkan layanan ke Xbox Game Pass Ultimate seharga $14,99.

Nah diprediksi, paket berlangganan Xbox Game Pass Friends & Family akan mencakup semua manfaat Xbox Game Pass Ultimate. Ada juga kemampuan sharing langganan ke maksimal 4 orang, akses ke Xbox Cloud Gaming, Xbox Live, dan bahkan versi game PC Game Pass.

    %d blogger menyukai ini: