Microsoft Uji Coba Aplikasi Xbox Game Streaming untuk PC Windows

Microsoft dikabarkan tengah uji coba aplikasi Xbox Game Streaming untuk Windows. Perusahaan juga menambah dukungan streaming 1080p xCloud.

Konsep streaming game kini makin dilirik banyak gamer. Khususnya buat mereka yang punya koneksi internet super ngebut. Tidak perlu perangkat kelas dewa, gamer sudah bisa mengakses game terbaru via cloud.

Microsoft sendiri sudah memiliki layanan streaming game yang disebut Xbox Cloud Gaming (sebelumnya xCloud). Layanan ini cocok buat kamu yang tidak memiliki konsol Xbox Series. Tapi yah.. Tetap ada beberapa batasan yang harus kamu terima.

Kabar baiknya, Microsoft rumornya tengah menguji coba aplikasi Windows yang disebut Xbox Game Streaming. Aplikasi ini diklaim mampu memberikan pengalaman bermain yang lebih baik dan bervariasi.

Mekanisme Aplikasi Windows Xbox Game Streaming

Sebenarnya ini bukanlah aplikasi baru. Bocoran Xbox Game Streaming pertama kali mencuat tahun lalu. Awalnya aplikasi ini masih dalam keadaan ‘kasar’ alias belum jadi dan masih ada bug di mana-mana.

Tahun ini aplikasi tersebut mulai diuji coba. Hal ini telah diungkapkan oleh beberapa pengguna Twitter. Salah satunya adalah cuitan @tomwarren berikut ini.

Xbox Game Streaming tidak hanya memungkinkan kalian untuk melakukan streaming game dari cloud dan memberikan pengalaman xCloud ke PC Windows 10. Namun kamu juga bisa streaming game dari konsol (berlaku buat pemilik Xbox Series S atau X).

Selain itu, aplikasi ini juga kompatibel dengan perangkat ARM. Itu artinya, kamu bakal bisa memainkan game di laptop atau tablet (selama mereka terhubung internet).

Aplikasi ini juga akan mengemas fitur-fitur menarik. Seperti touch support (di mana kamu bisa bermain tanpa kontroler) dan dukungan gyro (kabarnya fitur ini masih belum jadi total).

Oya, Microsoft sebelumnya juga sempat dikabarkan bakal menghadirkan layanan Xbox Console Streaming ke iOS dan PC. Layanan ini memungkinkan gamer melakukan streaming game langsung dari server (tidak perlu konsol Xbox One).

Di sisi lain, Microsoft tidak hanya menguji Xbox Game Streaming di Windows. Perusahaan juga menghadirkan dukungan tambahan yakni streaming 1080p untuk xCloud.

Dilansir dari Windows Central, saat ini streaming xCloud hanya dibatasi pada 720p. Kini dengan adanya dukungan streaming 1080p, gamer bisa menikmati kualitas streaming game yang lebih oke. Apalagi kalau diimbangi koneksi internet yang super cepat.

Pesaing lain seperti Google Stadia juga sudah mendukung streaming 1080p. Jadi sepertinya, Microsoft tidak ingin mengejar ketinggalan dalam hal ini.

%d blogger menyukai ini: