Microsoft Umumkan Windows 11 SE Dengan Fokus Edukasi

windows 11 se surface
Anom Penulis

Pada tanggal 9 November 2021, Microsoft mengumumkan varian baru sistem operasi andalannya, yaitu Windows 11 SE. Sistem operasi ini hadir untuk memenuhi kebutuhan di sektor edukasi.

Memang belum lama sejak Microsoft mengumumkan sistem operasi terbaru Windows 11. Kelihatannya raksasa teknologi ini bergerak cepat untuk menyasar salah satu pasar potensial, yatu laptop dengan harga murah, yang biasanya menjadi sasaran sektor edukasi.

Microsoft menyebutkan kalau mereka mengembangkan Windows 11 SE ini secara spesifik untuk sektor edukasi, khususnya K-8 (anak SD dan SMP). Dengan begitu memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

windows 11 se desktop wallpaper

Salah satunya, sistem operasi ini dikembangkan untuk bekerja secara online. Sehingga mengurangi kebutuhan akan aplikasi “berat.”

Walau begitu, terdapat optimalisasi pada aplikasi Microsoft 365 (Office). Semua aplikasi Office — termasuk Word, PowerPoint, Excel, OneNote, dan OneDrive — akan otomatis bekerja secara offline saat tidak ada internet. Nantinya, jika pengguna sudah terhubung ke internet, aplikasi bisa melakukan sinkronisasi secara online.

Selain itu, Microsoft juga menyebutkan kalau Windows 11 SE, melalui browser Edge, mendukung berbagai aplikasi web untuk pembelajaran. Begitu juga dengan aplikasi lain yang mendukung proses belajar jarak jauh. Termasuk Zoom, dan bahkan ekosistem Google melalui browser Chrome.

Microsoft juga mengatakan kalau mereka bekerja sama dengan berbagai produsen laptop terkenal untuk mengantar sistem operasi baru ini. Misalnya dengan Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dll.

laptop windows 11 se

Beberapa laptop Windows 11 SE yang ada di situs Microsoft meliputi: Acer TravelMate B3, ASUS BR1100, Dell Latitude 3120, dan Lenovo 100w Gen3. Tapi tentunya yang memiliki keterangan bahwa laptop itu hadir dengan sistem operasi tersebut.

Sejak pandemi melanda, sektor edukasi memang menghadapi tantangan berat untuk proses belajar jarak jauh. Namun di sisi lain, kondisi ini juga membuka wawasan teknologi baru untuk cara belajar mengajar masa depan.

Demikianlah Microsoft berusaha menjawab tantangan ini dengan sistem operasi WIndows 11 SE.

    %d blogger menyukai ini: