Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

BMW Tunjukkan Mobil Ganti Warna Bodi di CES 2022

Anom Penulis

CES 2022 membawa beberapa kejutan menarik. Seperti laptop ASUS ZenBook 17 Fold atau Lenovo ThinkBook Plus Gen 3. Namun selain perangkat elektronik seperti itu, ada pula hal unik lain. BMW menunjukkan mobil yang bisa ganti warna hanya dengan menekan tombol di CES 2022.

Mobil itu adalah BMW iX Flow. BMW menyebutkan warna mobil merupakan bagian dari cerminan gaya hidup dan personalisasi. Jadi, kamu bisa mengganti warna bodi mobil sesuai mood.

popculture.id

BMW iX Flow memanfaatkan teknologi yang disebut dengan nama Electronic Paper Display (EPD). Pada dasarnya BMW memanfaatkan E Ink (tinta digital) untuk mengganti warna bodi mobil. Sama seperti yang kamu temukan di tablet baca (e-Reader seperti Amazon Kindle).

Mobil BMW iX Flow ganti warna

Teknologi ini memanfaatkan lapisan film electrophoretic yang mengandung kapsul berukuran mikro dengan diameter sama seperti rambut manusia. Ketika kita mengontrol perubahan warna, lapisan ini segera mencerminkan perubahan tersebut.

Selain bisa menyesuaikan mood, BMW menybutkan kalau fitur ganti warna bodi mobil ini punya fungsi praktis. Misalnya ketik kamu lupa parkir di mana, kamu bisa merubah warna (semacam berkedip) dan mencarinya di parkiran. Selain itu, di hari yang panas kamu juga bisa mengganti warna mobil ke nuansa yang lebih adem.

Sebelumnya, teknologi ini mungkin lebih sering kamu lihat di dalam film. Entah itu mobil James Bond, mobil Batman, dll.

Saat ini mobil BMW iX Flow baru bisa ganti warna antara hitam dan putih. Tapi bukan tidak mungkin di masa mendatang akan ada warna lain yang bisa kita terapkan. Hm, menarik bukan teknologi ini?

    %d blogger menyukai ini: