Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Makin Kreatif, TikTok Rilis Beberapa Fitur Edit Video Baru dan Mode Foto

Indri Penulis

TikTok resmi hadirkan beberapa fitur edit video baru. Tidak hanya itu, TikTok juga turut menghadirkan Mode Foto untuk memanjakan pengguna.

TikTok sebagai pelopor media sosial berbasis video vertikal, memiliki segudang tools editing canggih. Bahkan walaupun konsepnya coba ditiru oleh media sosial lain, tapi fitur-fitur yang ada di TikTok tetap terlengkap (setidaknya saat artikel ini ditulis).

Untuk mempercanggih fitur yang sudah ada di platform-nya, baru-baru ini TikTok memperbarui beberapa fitur edit video yang ada di platform-nya. Fitur-fitur tersebut sebenarnya sudah ada TikTok, cuma kali ini dipoles lagi biar lebih canggih.

Daftar Fitur Edit Video yang Diperbarui TikTok

Beberapa tools editing video yang dipercanggih oleh TikTok antara lain ‘Edit Clips.’ Fitur tersebut sekarang punya kemampuan untuk menumpuk, memotong dan memisahkan klip video.

Ada juga ‘Edit Sounds’ untuk memotong, trim, dan mengatur durasi suara. Lalu ada ‘Edit and Position Text’ yang memudahkan mengedit, memposisikan serta mengatur durasi teks.

Fitur Editing Video Baru TikTok – Sumber: TikTok Newsroom

TikTok juga memperbarui ‘Add Overlay’ yakni fitur untuk menambah foto dan video picture-in-picture (atau video-in-video). Fitur ‘Adjust Video Speed’ juga mendapat pembaruan yakni sekarang bisa mempercepat atau memperlambat kecepatan klip video.

Fitur selanjutnya yang mendapatkan pembaruan adalah ‘Frame Content,’ yakni untuk memutar, me-zoom atau memperkecil klip individual. Terakhir, TikTok juga turut menghadirkan fitur ‘Add Sound Effects’ yakni untuk menghadirkan efek suara ke dalam video.

Dalam pengumumannya, saat ini pembaruan fitur-fitur di atas baru tersedia di AS. Beberapa wilayah tertentu juga sudah kebagian pembaruan fitur tersebut.

Hadirnya Mode Foto dan Deskripsi Lebih Panjang

Selain memperbarui fitur-fitur di atas, TikTok sekarang juga resmi menghadirkan Mode Foto / Photo Mode. Ini adalah format carousel baru yang tersedia di aplikasi mobile TikTok.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Fitur Tanya Jawab di Profil TikTok Biar Asyik

Dengan mode ini, pengguna bisa berbagi gambar berkualitas tinggi di TikTok. Mode ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi postingan carousel berupa gambar diam, yang otomatis akan ditampilkan satu demi satu (kalau dilihat dari tampilannya, nggak jauh beda dengan mode carousel di Instagram).

Mode Foto TikTok – Sumber: TikTok Newsroom

Layaknya mode video, di mode ini pengguna juga bisa menambahkan musik ke soundtrack gambar dan kecepatan pemutarannya bisa diatur penonton sesuai selera.

Terakhir, TikTok sekarang menghadirkan dukungan caption yang lebih panjang. Kini pengguna bisa bikin diskripsi video hingga 2.200 karakter untuk setiap postingan.

Hm.. Dengan hadirkan pembaruan di fitur edit video TikTok, dukungan Mode Foto dan deskripsi panjang, TikTok jelas akan lebih asik. Apalagi sekarang kreator bisa lebih bebas mengekspresikan kreativitas lewat video mereka. Gimana menurutmu?