“Hello Darkness” Mode Gelap di WhatsApp Hadir Secara Resmi

whatsapp dark mode android

Hadirnya mode gelap di aplikasi pesan WhatsApp sudah diperbincangkan dan ditunggu sejak lama. Akhirnya, saat yang dinanti tiba. Inilah “the moment of truth“. Seperti apa jadinya?

Hm, kelihatannya WhatsApp tahu betul kalau dark mode sangat dinanti. Mereka membuat sebuah video pendek berjudul “Hello Darkness” (dari lagu “The Sound of Silence” oleh Simon and Garfunkel dan dibawakan ulang oleh Disturbed).

Video itu menunjukkan bagaimana menderitanya orang membuka ponsel di tengah kegelapan karena silau. Hadirlah dark mode di WhatsApp yang menyelamatkan mata pengguna. Hehehe, videonya cukup lucu lho.

Anyway, mode gelap di WhatsApp yang resmi dirilis ini mungkin sedikit berbeda dengan harapan. Paling tidak kalau dibandingkan dengan beberapa aplikasi lain. Ya, karena WhatsApp memilih mengambil pendekatan ala Twitter yang lama (yang baru mendulung hitam total), yaitu gelap bukan hitam (AMOLED black) atau bukan abu-abu gelap.

Warna latar yang ada lebih condong ke biru-kehijauan (teal) gelap. Sedangkan warna aksen tetap mempertahankan warna khas WhatsApp, yaitu hijau. WhatsApp menyebutkan, di blog resmi mereka, kalau mereka memilih warna ini untuk meminimalisasi kelelahan pada mata (dari kontras tinggi), dan menyesuaikan dengan sistem bawaan di Android dan iOS.

mode gelap whatsapp
dark mode di aplikasi WhatsApp

WhatsApp juga menyebutkan kalau mereka ingin pengguna bisa dengan mudah fokus pada bagian dan informasi penting yang ada di aplikasi. Hal itu mereka tunjukkan melalui desain dan pemilihan warna untuk elemen yang bersangkutan.

Bagaimana cara mengaktifkan mode gelap di WhatsApp? Baik pengguna iOS maupun Android bisa mengaktifkannya melalui setelan sistem, yaitu Setelan WhatsApp > Chat >Tema > pilih “Gelap”.

Fitur yang sudah banyak ditunggu ini akan segera hadir di versi terbaru WhatsApp. Seperti biasa, pembaruan akan hadir secara bertahap (saat artikel ini ditulis belum tersedia). Silakan cek di bursa aplikasi di ponsel kalian.

Download (Android)

Download (iOS)

%d blogger menyukai ini: