5 Lagu Rock Cover Version Yang Tak Kalah Keren Dari Aslinya

rocker
Foto: Hector Bermudez | Unsplash

Kali ini kami mau membahas beberapa lagu cover version versi rock yang tidak kalah bagus dibanding lagu aslinya. Lagu-lagu ini berhasil memberi nuansa lain yang juga berkesan.

Lagu cover version adalah sebuah rekaman atau penampilan baru berdasar lagu asli. Tidak jarang hal ini dilakukan lintas genre. Misalnya, lagu asli bergenre jazz dibawakan ulang dengan irama rock.

Jangan salah. Banyak lagu cover version yang lebih bagus dari aslinya. Bahkan mungkin kamu lebih kenal lagu yang baru daripada versi asli.

The Sound of Silence (Disturbed)

Lagu The Sound of Silence aslinya dibawakan oleh duo Simon and Garfunkel. Mereka merilis lagu ini pada tahun 1965. Saat ini lagu tersebut sudah jadi lagu yang melegenda. Bahkan lirik “Hello darkness, my old friend” sering jadi teks di meme.

Disturbed membawakan ulang lagu ini pada tahun 2015 di album Immortalized. Lagu The Sound of Silence versi Disturbed ini langsung populer. Bahkan Paul Simon pun mengakuinya.

Knockin on Heaven’s Door (Guns N’ Roses)

Lagu Knockin on Heaven’s Door aslinya dibawakan oleh Bob Dylan pada tahun 1973. Lagu ini sering menjadi bahan cover version untuk artis lain.

Guns N’ Roses mulai membawakan lagu ini secara live pada tahun 1987. Kemudian mereka merilisnya di dalam album Use Your Illusion II yang yang sukses berat. Lagu cover ini menjadi salah satu lagu top Guns N’ Roses.

The Man Who Sold The World (Nirvana)

Lagu The Man Who Sold The World aslinya dinyanyikan oleh David Bowie pada tahun 1973. Penyanyi eksentrik ini memang sebuah legenda. Tapi kebanyakan orang lebih mengenal versi Nirvana.

Nirvana membawakan lagu cover The Man Who Sold The World di acara MTV Unplugged. Kemudian mereka merilis penampilan di acara itu sebagai album. Lagu ini juga masuk dalam album koleksi lagu terbaik band alternative ini.

Renegades of Funk (Rage Against the Machine)

Renegades of Funk adalah lagu dari Afrika Bambaataa. Lagu ini aslinya dirilis pada tahun 1983. Lagu ini menjadi lebih ikonik karena dibawakan oleh Rage Against the Machine.

Musik Rage Against the Machine sendiri memang unik. Tom Morello pun seorang genius untuk urusan gitar. Ia berhasil mengolah ketukan elektronik di lagu asli dengan suara gitar khas RATM.

Another Brick in the Wall (Korn)

Another Brick in the Wall adalah lagu legendaris dari band yang juga legendaris, Pink Floyd. Lagu ini adalah sebuah rock opera tiga babak. Yang populer adalah babak kedua (Part 2).

Korn membuat lagu cover untuk ketiga bagian itu. Yang populer tentu saja juga yang Part 2. Terus terang lagu ini agak kontroversial. Tidak sedikit yang menyebutkan kalau versi Korn adalah versi cover version yang buruk. Tapi toh lagu ini memang dibawakan dengan gaya Korn. Kalau menurut saya sih tetap keren.

Ada komentar?