Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

ModernMusic: Aplikasi Player Musik Impresif!

Anom Penulis

Walau pun sudah cukup banyak aplikasi player musik yang oke di Windows Phone, tapi pencarian para penggunanya ternyata belum selesai. Berikut ini satu lagi aplikasi musik Windows Phone yang harus diakui, seperti judul di atas, impresif. Namanya ModernMusic.

ModernMusic hadir di antara aplikasi player musik (offline) lain, seperti MusikPlayer, Extreme Music, SimPlay, atau OneMusic. Memang, untuk urusan aplikasi juga termasuk selera kita masing-masing. Tapi mari kita lihat apa yang ditawarkan ModernMusic.

Tampilannya cukup standar. Sangat Windows Phone. Mirip dengan aplikasi Music bawaan (Xbox Music). Tapi kita bisa mengganti warna background atau aksennya (nanti akan kita bahas lebih jauh).

Begitupun tampilan dalamnya, saat kita melihat daftar lagu. Kita bisa melihatnya baik berdasar artis, album, lagu, genre, atau playlist. Ya, kita bisa membuat playlist di ModernMusic. Oya, aplikasi ini juga mendukung album art dan info dari ID3 tag Bisa juga lihat aplikasi MPAtool soal ini).

Lebih jauh soal playlist, kita juga bisa mengimpornya. Untuk sementara ini, aplikasi ini mendukung playlist dengan format .wpl (standar format playlist di platform Windows yang berbasis XML). Kita harus membuat folder bernama Playlist dulu di dalam folder musik, lalu meletakkan file playlist itu di dalamnya. Developer-nya menyatakan kalau dukungan untuk playlist berformat m3u akan segera hadir.

Player musik satu ini menawarkan pengaturan lagu yang akan dimainkan dengan baik. Kita bisa menambahkan lagu baik di akhir daftar tunggu maupu setelah lagu yang sedang dimainkan. Kita juga bisa mengatur urutan lagu. Perhatikan cara aplikasi ini memindah lagu. Drag & drop-nya keren, bro!

Hm, apalagi ya? Oya kembali ke masalah warna. Di setting aplikasi ini, kita bisa mengatur warna aplikasi dengan leluasa. Disediakan slider RGB (red green blue) untuk mengatur warnanya. Kalau mau, kita juga bisa memilih menggunakan warna aksen yang sedang kita gunakan untuk ponsel Windows Phone kita.

Baca Juga:  Deretan Fitur Resso yang Spotify Tidak Punya

Lalu, untuk kamu yang eksis di Last.FM, aplikasi ini mendukung scrobble! Jadi saat kamu memainkan lagu dengan ModernMusic, di Last.FM langsung terlihat kamu sedang mendengarkan lagu apa. Kita juga bisa mengatur berapa lagu yang akan disiapkan untuk proses scrobbling ini.

Tambahan lain, aplikasi ModernMusic juga mendukung live tile transparan. Kalau kita sedang memainkan lagu, di bagian depan akan terlihat album art dari lagu yang bersangkutan. Saat tile berbalik, akan terlihat informasi judul lagu dan penyanyinya. Cakep kan?

Selain dukungan untuk file playlist .m3u, developer ModernMusic sudah merencanakan beberapa fitur lain untuk ditambahkan di update mendatang. Salah satu nya adalah memilih beberapa lagu sekaligus untuk diatur, daftar lagu yang baru saja dimainkan (history), pin playlist atau album ke start screen.

ModernMusic bisa didapat dengan gratis. Aplikasi ini didukung iklan. Tapi kalau mau upgrade untuk mendukung developer-nya juga bisa. Bagaimana pun developer yang bermutu lah yang membuat marak Windows Phone. Aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8.1.

Download: ModernMusic