Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ketika Mainan Fischer Price Dimodifikasi Jadi Kontroler Xbox

Anom Penulis

Bagaimana jadinya kalau kontroler mainan dari Fischer Price dimodifikasi jadi kontroler Xbox dan dipakai buat main Elden Ring? Mungkin nggak kebayang ya? Tapi itulah yang dilakukan oleh Dylan “Rudeism” Beck.

Memang modifikasi yang ia lakukan pada kontroler Fischer Price ini tidak membuatnya jadi sama persis seperti kontroler Xbox. Bagaimanapun kehadiran tombol dan layout-nya berbeda.

Toh Rudeism berhasil memasang keping Arduino Micro Pro ke dalam kontroler mainan itu. Ia juga berhasil mengaktifkan fungsi joystick, tombol bahu di mainan itu (tombol oranye jadi LT/LB, tombol ungu jadi RT/RB), dan juga tuas geser warna kuning (jadi mengubah joystick jadi LS/RS dan mengubah fungsi tombol ABCD untuk fungsi Start/Select/Guide).

Awalnya, ia meletakkan colokan USB di bagian bawah kontroler. Namun ia juga berhasil memindahkannya ke bagian atas sehingga kontroler lebih nyaman dipakai.

Lucunya, modifikasi yang ia lakukan tetap mempertahankan efek suara asli kontroler mainan Fischer Price itu.

Hasilnya, kamu bisa melihat kontroler ini dalam demo untuk main game Elden Ring.

Rudeism menyebutkan kalau walau modifikasi ini bukan yang paling gila, namun kontroler ini jadi modifikasi yang paling bersih yang ia lakukan. Yah, pernyataan itu cukup wajar. Karena sebelumnya ia pernah melakukan modifikasi yang lebih gila lagi.

Misalnya menyelesaikan game Dark Soul 3 dengan kontroler satu tombol “Kode Morse”, membuat kontroler lightsaber dan sarung tangan dengan deteksi gerakan untuk Star Wars Jedi: Fallen Order, dan membuat kontroler khusus (seperti angsa) untuk game Untitled Goose Game.

Memang kadang modifikasi yang dilakukan orang-orang itu tidak masuk akal dan aneh. Tapi itulah yang membuat dunia lebih berwarna. Ya kan?