GIGABYTE Rilis Motherboard Z690 Aorus untuk Kinerja Tingkat Tinggi

Anom Penulis

Produsen komponen perangkat keras komputer terkemuka GIGABYTE mengeluarkan produk terbaru motherboard Z690 Aorus. Menjadi penerus Z590 Aorus, motherboard ini mendukung pemakaian prosesor Intel Core generasi 12 dan memiliki sistem termal canggih untuk kinerja dan overclock ekstrim.

Jason Hsu, Direktur Channel Solutions Product Development Division GIGABYTE, menyebutkan kalau motherboard ini dirancang untuk memenuhi desainer profesional dan power user yang mengejar kinerja.

Mendukung Spesifikasi Tinggi

Motherboard GIGABYTE Z690 Aorus memiliki soket LGA1700 yang sesuai dengan arsitektur prosesor Intel Core i9/i7/i5 Generasi ke-12. Arsitektur baru ini selain meningkatkan performa juga memungkinkan CPU beralih dari mode kinerja tinggi dan hemat energi secara dinamis.

Motherboard ini juga menampilkan hingga 20 + 1 + 2 fase desain VRM daya digital dengan setiap fase menahan hingga 105 amp dan desain heatsink Fins-Array III yang ditingkatkan. Dengan begitu memiliki manajemen termal terbaik untuk melepaskan kinerja ekstrim dan kemampuan overclocking yang dioptimalkan pada prosesor Intel Core seri K multi-core generasi baru.

Selain itu, motherboard Z690 Aorus memberikan dukungan untuk RAM sesuai kondisi pasar. Termasuk DDR4 generasi terakhir dan DDR5 yang memiliki arsitektur baru yang lebih efisien. Dukungan memory ini juga hadir dalam bentuk Shielded Memory Routing dan SMD DIMM.

motherboard gigabyte z690 aorus

Hal menarik lain yang ada di motherboard baru ini adalah dukungan untuk slot PCIe 5 terbaru untuk memenuhi syarat kartu grafis mendatang. Selain itu, ada juga empat slot NVMe PCIe 4.0 M.2 yang dilengkapi dengan Thermal Guard.

Untuk dukungan pada konektivitas, motherboard ini menyajikan 2,5Gb Ethernet (sampai 10Gb untuk model tertentu) dan jaringan Intel WiFi 6 802.11ax. Selain itu ada pula dukungan Bluetooth 5.2, slot USB 3.2 Gen2x2, 3.2 Gen2, dan ekspansi Thunderbolt™ 4 / USB 4.

Sementara untuk dukungan audio, motherboard Z690 Aorus menggunakan mesin audio SNR tinggi dan memasangkannya dengan kapasitor audio kelas studio WIMA FKP2. Selain itu ada pula integrasi ESS SABRE DAC dengan DTS:X Ultra untuk menghadirkan audio fidelitas tinggi untuk main game atau hiburan.

Dengan spesifikasi seperti itu, bisa kita lihat kalau motherboard ini memang siap untuk konfigurasi komputer generasi berikutnya. Untuk informasi lebih detil, kamu bisa baca di situs resmi.

Nah, apa kamu sudah siap?

    %d blogger menyukai ini: