Motor Listrik Harley-Davidson Jadi Tanda Perubahan Jaman

konsep motor listrik harley-davidson
Foto: Harley-Davidson

Sebagai merk moge, nama Harley-Davidson tidak terbantahkan. Motor besar Harley-Davidson adalah legenda. Kesan jalanan — bensin, oli, kencang, dan ganas — sudah menempel padanya. Ketika motor listrik Harley-Davidson hadir, berita itu cukup mengguncang.

Dunia memang berubah. Kendaraan berbahan bakar minyak mulai beralih ke listrik. Berbagai kendaraan listrik — baik hybrid maupun full electric — bermunculan. Di benak kita, nama Harley-Davidson mungkin jauh dari kesan elektrik. Toh, mereka memiliki visi ke depan.

We’re at a historic juncture in the evolution of mobility, and Harley-Davidson is at the forefront,” Kata Matt Levatich, Presiden dan CEO Harley-Davidson. “Innovation that moves the body and soul has always been at the heart of our brand, and this next chapter in our history is about creating products and opportunities for existing and aspiring riders of all ages and walks of life.

Ada dua motor listrik yang diperkenalkan oleh Harley-Davidson. Yang pertama adalah LifeWire dan dua motor lain masih berupa konsep.

Harley-Davidson LifeWire

LifeWire merupakan motor listrik pertama dari Harley-Davidson. H-D menyebutkan kalau LifeWire tetap menjaga performa sehingga tetap memuaskan “anak motor” lama, tapi juga mudah dikendarai bagi anak baru.

LifeWire menggunakan mesin listrik H-D Revelation yang membuat motor ini berlari dari 0-60 km/jam di bawah 3,5 detik. Mesin ini bisa menghasilkan torsi maksimal begitu tuas gas diputar. Mengendarainya pun mudah karena motor ini otomatis, tanpa kopling dan persneling. Dalam sekali isi daya, LifeWire bisa dipakai berkendara sejauh ± 160 km.

motor elektrik harley-davidson lifewire

Harley-Davidson LifeWire

Hal lain yang menarik adalah LifeWire sangat kekinian. Dilengkapi dengan teknologi H-D Connect, yang menghubungkan motor dengan aplikasi Harley-Davidson melalui koneksi LTE. Bahkan dashboard-nya merupakan layar sentuh!

Motor listrik Harley-Davidson LifeWire saat ini ditawarkan melalui pre-order. Harganya mulai $29,799.

dasbor layar sentuh harley-davidson lifewire

Dasbor layar sentuh Harley-Davidson LifeWire

[irp posts=”50715″ name=”Motor Bobber Indian Scout Edisi Jack Daniel’s 2018″]

Konsep Motor Listrik Baru

Konsep motor listrik ini mungkin lebih menarik. Karena di konsep ini Harley-Davidson membawa visi yang berbeda. Kedua motor ini adalah motor yang lebih kecil dan lebih praktis.

Konsep pertama merupakan motor untuk wilayah perkotaan. Bentuknya mirip skuter. Namun kita bisa melihat kekhasan Harley-Davidson dari motor ini. Tetap bergaya moge.

konsep motor elektrik harley-davidson

Konsep city bike

Konsep motor kedua merupakan motor segala medan. Bentuknya seperti motor trail atau trial. Rancangan konsep ini sedikit berbeda. Agak kurang berkesan Harley-Davidson. Tapi tujuannya memang untuk warga kota yang hobi bertualang.

konsep motor elektrik harley-davidson offroad

Konsep all terrain

Menarik bukan? Sekali lagi, dunia sedang berubah. Energi listrik atau energi yang bisa diperbarui (renewable energy) adalah masa depan. Ketika merk moge legendaris seperti Harley-Davidson terjun ke ranah baru tersebut, tentunya akan sangat menarik. Yah, kita lihat saja bagaimana perkembangan motor listrik Harley-Davidson mendatang.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.