My Workspace: Akses Cepat MS Office Dari Menu Bar Mac

my workplace microsoft office

My Workspace adalah aplikasi di menu bar Mac. Fungsinya adalah untuk melihat dan mengakses dokumen Office 365 dengan mudah dan cepat.

Aplikasi ini merupakan hasil dari Microsoft Garage Project. Untuk yang belum tahu, Garage merupakan tempat bagi developer Microsoft mengembangkan ide inovatif dan ekperimental.

Tidak sedikit proyek tersebut yang akhirnya menjadi produk resmi. Sebagai contoh, Microsoft Arrow—yang kemudian jadi Microsoft Launcher—dan Next Lock Screen untuk Android adalah hasil dari Microsoft Garage.

Fitur dan Fungsi My Workspace

akses office menu bar Mac

Waktu kamu klik ikon aplikasi ini di menu bar Mac, akan ada jendela kecil terbuka (drop down). Pada dasarnya, tampilannya terbagi dua. Bagian atas untuk jadwal (Kalender), dan bagian bawah untuk dokumen.

Di bagian jadwal, kamu bisa melihat timeline harian (dengan jam). Selain itu juga ada daftar acara lengkap dengan waktu yang ditentukan. Kalau ada undangan acara, kamu bisa menerima atau menolaknya langsung dari aplikasi ini. Acara di sini termasuk juga conference call online alias Skype meeting.

[irp posts=”28023″ name=”Bagaimana Cara Update Office 2016″]

Di bagian dokumen, kamu bisa melihat dua halaman (dalam bentuk tab). Baik dokumen terbaru (terakhir disunting) maupun dokumen penting yang kamu sematkan. Selain itu ada juga tombol untuk meluncurkan aplikasi Office terkait.

Mungkin ada yang berkomentar kalau aplikasi ini “hanya pengganti shortcut“. Yah, tidak salah juga. Namun saya pikir, kalau kamu sering berkutat dengan berbagai dokumen Office, apalagi berbagi dokumen dengan orang lain, aplikasi ini akan memudahkan.

Urusan dokumen lebih efisien

setting my wordplace

My Workspace bukanlah aplikasi untuk semua orang. Aplikasi ini akan berguna untuk profesional yang punya jadwal padat dan sering menggunakan aplikasi Office.

Kata ‘sering’ menjadi kunci dari fungsi aplikasi ini. Dengan My Workspace di menu bar Mac, kamu bisa langsung melihat agenda harian, dan melihat dokumen Office terbaru (Word, Excel, Power Point, OneNote).

Jadi, tidak perlu membuka aplikasi satu persatu untuk melihat riwayat dokumen, tidak perlu membuka Finder untuk mencari dokumen, atau tidak perlu mencari shortcut dokumen di desktop (yang mungkin ada banyak).

Microsoft Office, selain tersedia sebagai aplikasi desktop, kini juga bisa digunakan online melalui browser. Membuka dokumen di My Workspace akan meluncurkan dokumen di komputermu. Tapi di sana juga tersedia link untuk dokumen yang tersimpan di OneDrive.

Dengan kata lain, akses ke dokumen juga bisa kamu kirim ke orang lain yang berkepentingan. Langsung bisa memilih apa orang itu bisa edit atau tidak.

Memang proyek Microsoft Garage ini disebut eksperimental. Tapi buat saya aplikasi ini sangat fungsional. Sebelumnya, kalau tidak membuka aplikasi sendiri-sendiri atau lewat Finder, saya menggunakan Office Online di browser. Dengan My Workspace, akses ke dokumen Office terpangkas jadi lebih sederhana.

Kalau kamu memang sering berurusan dengan dokumen Office di Mac dan pengguna Office 365, silakan coba aplikasi ini.

[junkie-button url=”http://myworkspace.ms/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]