Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mystery Case Files: Return To Ravenhearst

Anom Penulis

Kalau ada yang ingat, dulu di ada games puzzle benda tersembunyi yang cukup populer (jamannya Zuma, Dynomite, dll). Seri game itu bernama Mystery Case Files. Mungkin belum banyak yang tahu juga kalau game ini ada di Windows Phone. Judulnya Mysery Case Files: Return to Ravenhearst. Game ini kental dengan nuansa misteri dan sedikit horor.

Game Mystery Case Files: Return to Ravenhearst merupakan sekuel dari game sebelumnya yang berjudul — yak, tepat — Mystery Case Files: Ravenhearst. Di game ini, kita akan kembali ke Ravenhearst Manor, sebuah rumah abad ke-19 yang misterius. Kita akan menyelidiki hilangnya Rose Sommerset.

Diawali dengan sebuah peringatan dari sesosok hantu, kita akan memulai petualangan kita. Mudah diduga, kita akan menelusuri beberapa tempat untuk mencari petunjuk. Selain petunjuk yang kita simpan di buku catatan, kita juga akan menemukan beberapa benda yang akan berguna dalam penyelidikan kita (disimpan di tas).

Di beberapa tempat, akan ada tanda-tanda soal petunjuk atau puzzle yang harus diselesaikan. Biasanya ada yang kelap-kelip. Kalau di gambar di atas, perhatikan mesin kasirnya.

Tempat-tempat yang kita kunjungi cukup banyak. Beberapa merupakan jalinan utama cerita. Sebagian lainnya tersembunyi, dan baru akan terbuka kalau kita berhasil merangkai petunjuk, atau menyelesaikan puzzle.

Puzzle yang paling standar yang ada di game jenis ini adalah hidden object alias benda tersembunyi. Kita akan mendapat sebuah daftar benda yang harus kita cari. Biasanya tampilan benda-benda tersebut mengecoh. Tidak seperti yang kita bayangkan.

Ada 2 hal yang jadi perhatian di sini. Pertama, kosa kata bahasa Inggris kita harus cukup baik. Karena tidak jarang kita menemui kata yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya. Untung saja, Windows Phone punya aplikasi terjemahan. Sisi baiknya, perbendaharaan kata bahasa Inggris kita bertambah.

Kedua, resolusi gambar. Dulu game jenis ini biasa kita mainkan di komputer. Sekarang, game model ini hadir baik di tablet maupun di ponsel. Untuk mencari benda-benda kecil, kita bisa zoom gambar menjadi lebih besar. Sayangnya, ketika diperbesar, gambar jadi sedikit blur. Tapi mungkin ini memang masalah teknis yang cukup dilematis.

Kalau kita sudah berhasil menemukan semua benda, kita akan menerima reward berupa benda yang bisa berguna dalam penyelidikan kita. Benda itu bisa berupa alat, seperti palu atau tali, bisa juga bagian dari puzzle lain.

Puzzle jenis lain yang terdapat di game ini pun beragam. Ada yang teka-teki, ada menyusun gambar, dll. Contohnya puzzle di bawah ini. Kita harus menelusuri banyak tempat untuk mengumpulkan tuts keyboard mesin ketik, dan apa yang harus kita ketik di sana.

Hal semacam ini yang membuat game Mystery Case Files: Return to Ravenhearst dan game sejenis menarik. Alur petualangannya tidak linear. Kita bisa bolak-balik ke tempat yang sudah kita kunjungi untuk memecahkan puzzle. Tidak semua benda bisa digunakan saat itu juga. Kita bisa tergoda memainkan game ini terus hanya karena penasaran: “Buat apa ya benda ini?”.

Kalau bingung dengan kegunaan sebuah benda, jangan kuatir. Di pojok kiri bawah ada tombol Hint, yang akan memberi petunjuk pada kita. Tombol ini juga akan membantu kita saat kita sedang mencari benda tersembunyi. Tapi, setelah kita gunakan, akan butuh waktu beberapa saat sampai kita bisa menggunakannya lagi.

Kalau kamu ingin sebuah game yang bisa dimainkan untuk jangka waktu lama, game jenis ini cocok untuk itu. Bisa juga jadi alternatif kalau kamu ingin game yang lebih tenang setelah main game penuh action seperti Minion Rush. Secara keseluruhan, game ini cukup lumayan. Nuansa misterinya dapat (dengan backsound yang oke juga), mini game puzzle yang menantang, juga gambar yang bagus.

Game Mystery Case Files: Return to Ravenhearst ini bisa didapat di Windows Phone Store Indonesia. Harganya Rp17.190, dengan besar file 486 MB. Jadi siapkan wifi kalau mau install. Game ini bekerja di Windows Phone 8.

Download: Mystery Case Files: Return to Ravenhearst