Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

myTube: Aplikasi YouTube ala Windows Phone

Anom Penulis

Mirip kasus Instagram, begitulah nasib aplikasi YouTube. Yah, mungkin sedikit lebih parah. Tapi developer Windows Phone memang asik. Di Windows Phone Store terdapat beberapa aplikasi YouTube yang bisa dibilang berkualitas. Yang sering disebut adalah MetroTube dan myTube. Setelah pernah mengulas MetroTube, kini kami akan mengulas myTube, aplikasi YouTube ala Windows Phone.

Fitur myTube
  1. Menelusuri, mencari, dan menonton baik video, channel, playlist, dll
  2. Login ke akun YouTube
  3. Beri komentar, suka/tidak suka, dan berbagi
  4. Mendukung, history, favorit dan watch later
  5. Subscribe channels
  6. Save video untuk ditonton secara offline
  7. Putar audio dari video di background (saat membuka aplikasi lain)
  8. Mendukung video HD 720p
  9. Offline playlist
  10. Berbagi ke jejaring sosial
  11. Pin ke start screen, dengan pengaturan dan dukungan tile besar.

Fiturnya memang banyak. Kita jadi bisa menelusuri video-video yang ada di YouTube dengan leluasa. Kita juga bisa melakukan kegiatan yang biasa kita lakukan di YouTube.

Yang paling menarik dari aplikasi myTube ini adalah tampilan dan penggunaannya. Keduanya pantas diacungi jempol. Tampilan utamanya hadir dengan tile ala Windows Phone. Gambar besar dan pengaturan tipografi tulisan yang enak dibaca.

Selain itu, seiring dengan penggunaan gestur swipe, aplikasi myTube ini juga menampilkan animasi di beberapa transisi halamannya. Walau begitu, aplikasi ini tidak berat dan tetap enak digunakan.

Oya, saat kita menonton video, posisi player akan menyesuaikan posisi ponsel secara otomatis. Tampilan panel kontrolnya juga cukup unik dan berbeda dengan bawaan ponsel Windows Phone.

Salah satu fitur yang tidak kalah menarik adalah bisa save video untuk ditonton secara offline. Pada dasarnya ini adalah proses download video. Tapi video ini tetap berada di dalam aplikasi ini. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Music+Video Hub. Kalau kita memilihnya, history tontonan di myTube juga akan muncul di Music+Video Hub.

Banyak memang yang membandingkan aplikasi myTube ini dengan MetroTube. Kedua sama-sama memiliki fitur yang istimewa. Keduanya juga memiliki tampilan dan penggunaan yang menarik. Tapi MetroTube lebih terlihat konvensional, sedangkan myTube menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda.

Perbedaan yang mencolok adalah kalau MetroTube tidak tersedia di Windows Phone Store Indonesia, myTube bisa didapat di sana. Harganya hanya Rp8.550. Tidak mahal mengingat aplikasi ini keren, dan permasalahan aplikasi YouTube yang tak kelihatan ujungnya. Aplikasi myTube ini berjalan di Windows Phone 8.

Download: myTube