Chipset Flagship Qualcomm Ganti Nama Jadi “Snapdragon 8 Gen 1”

Nggak jadi Snapdragon 898 nih?

Qualcomm kabarnya akan mengganti skema penamaan chipset flagship-nya. Konon chipset flahship masa depan bakal bernama “Snapdragon 8 Gen 1.”

Produsen chipset kenamaan Qualcomm selama ini terkenal memiliki skema penamaan yang cukup bagus untuk chipset-nya. Ya, setidaknya sampai beberapa tahun lalu.

Kini seiring berjalannya waktu, chipset bikinan Qualcomm semakin banyak. Alhasil, skema penamaan chipset Qualcomm dinilai mulai tumpang tindih. Orang-orang pun jadi sulit mengetahui perbedaan chipsetchipset tersebut.

Tapi mulai sekarang, Qualcomm sepertinya akan mengganti skema penamaan chipset mereka. Menurut kabar yang beredar, rencana ini akan dimulai saat peluncuran chipset flagship terbaru bulan depan.

Leaker terkenal Digital Chat Station dan Ice Universe kompak membeberkan hal ini. Kedua mengklaim kalau chipset flagship terbaru Qualcomm akan diberi nama “Snapdragon 8 Gen 1,” bukannya Snapdragon 898 seperti yang dikabarkan sebelumnya.

Perubahan nama dipredksi akan menyebar ke jajaran chipset Qualcomm yang lain. Perubahan ini diharapkan bisa membuat orang-orang lebih mudah mengetahui usia dan kedudukan setiap chipset baru.

Sementara itu belum ada bocoran lebih lanjut soal chipset flagship Qualcomm. Tapi kalau mengacu pada rumor sebelumnya (saat itu rumornya masih soal Snapdragon 898) yang disampaikan oleh Ice Universe, kamu bakal tahu sedikit bocoran spesifikasi chipset tersebut.

Menurut Ice Universe, chipset ini akan menggunakan CPU Kryo 780 utama dengan kecepatan clock sebesar 3,09GHz. Sementara inti utamanya akan didasarkan pada CPU Arm Cortex-X2 (penerus Cortex-X1 yang menjadi basis Kryo 680 di Snapdragon 888). Kabarnya, inti ini bakal 16% lebih cepat dibanding X1.

Walau dari segi frekuensinya chipset ini nggak terlalu mengesankan, tapi konon chipset ini akan mendapat manfaat dari proses 4nm yang lebih canggih.

Di sisi lain, chipset ini dengar-dengar juga akan menggunakan GPU Adreno 730, dan dia bakal mengintegrasikan modem 4nm X65 5G.

Yah, bagaimana pun informasi di atas sifatnya masih rumor. Kita tunggu saja hasil akhirnya bulan depan, saat Qualcomm resmi meluncurkan chipset flagship-nya.

%d blogger menyukai ini: