Google Perketat Aturan Nama dan Informasi Aplikasi di Play Store

google play store

Apa kamu sebal lihat nama aplikasi yang panjang dan penuh promosi? Mungkin terganggu dengan huruf kapital dan emoji di nama aplikasi? Ternyata Google juga. Sebagai tindakan penertiban, Google akan memperketat aturan penulisan nama dan informasi aplikasi di Play Store.

Kamu pasti pernah lihat aplikasi yang mencantumkan nama seperti “Aplikasi A: Ramadhan THR Sale Cashback Tiap Hari!” kan? Kamu juga pasti pernah melihat game yang menampilkan screenshot permainan, tapi kalah besar dengan ilustrasi yang tidak sesuai tampilan aslinya.

Google menganggap tindakan itu tidak tepat dan menyesatkan calon pengguna. Oleh sebab itu, mereka memperingatkan para pengembang bahwa ada aturan baru yang akan berlaku.

Melalui Blog Pengembang Android, Google mengumumkan beberapa perubahan aturan nama aplikasi/game, ikon, nama pengembang, dan informasi penting lain di Play Store.

  • Nama aplikasi terbatas hanya 30 karakter (huruf).
  • Melarang hal yang mencerminkan promosi dan prestasi aplikasi, baik di judul, ikon, dan nama pengembang.
  • Menghapus elemen grafis yang menyesatkan pengguna di ikon aplikasi.

Google juga memberi contoh bagaimana penerapan yang baik.

Selain itu, Google juga menunjukkan contoh praktek yang salah dalam beberapa skenario. Misalnya yang meletakkan kata “free”, “top”, “download now” di nama, atau menambah tulisan “sale” atau gambar piala di ikon aplikasi.

Selain itu, Google juga memperingatkan pengembang agar mempersiapkan aset promosi yang layak untuk Play Store. Entah itu gambar grafis utama, screenshot, video, maupun deskripsi pendek.

Para pengembang diharapkan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  • Apakah gambar preview menunjukkan aplikasi atau game dengan akurat?
  • Apa gambar preview menyediakan informasi yang cukup sebagai pertimbangan bagi pengguna untuk melakukan install?
  • Apakah gambar preview lebih menunjukkan istilah promosi seperti “gratis” atau “terbaik” daripada menunjukkan fitur unik di aplikasi atau game?
  • Apakah gambar preview diterjemahkan ke bahasa lokal dengan baik dan mudah dibaca?

Google menyebutkan kalau aplikasi dan game yang tidak memenuhi kriteria di atas tidak akan bisa mendapat promosi atau ditampilkan sebagai rekomendasi di berbagai halaman Play Store. Lalu, Google mulai akan menerapkan aturan baru untuk nama, ikon, keterangan, dan gambar aplikasi ini pada paruh kedua tahun 2021.

%d blogger menyukai ini: