Nearby Share akan Bisa Kirim File di Android & Chrome OS Tanpa Izin

Indri Penulis

Fitur Nearby Share sebentar lagi akan bisa kirim file antara Android & Chrome OS tanpa izin. Tapi ini berlaku buat perangkat dengan akun Google sama.

Nearby Share adalah solusi Google yang bisa dimanfaatkan pengguna Android dan Chrome OS untuk berbagi file ke perangkat lain dengan cepat. Fitur ini memanfaatkan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth untuk mengirim foto, video, URL, atau file lainnya di antara perangkat Android dan Chromebook. Fitur ini juga bisa digunakan baik secara online atau offline.

Saat ini, ketika kamu berbagi file dengan orang lain pakai fitur Nearby Share, orang tersebut harus menyetujui permintaan berbagi. Tapi tenang, sebentar lagi Nearby Share bakal memungkinkan kamu berbagi file antara perangkat Android dan Chrome OS tanpa persetujuan.

Kirim File Nearby Share Android & Chrome OS Tanpa Izin

Sebenarnya alasan kenapa setiap kali pengiriman file via Nearby Share membutuhkan persetujuan sangat logis. Pasalnya opsi ini akan melindungi kamu dari potensi serangan berbahaya, apalagi hacker bisa dengan mudah mendorong file berbahaya ke perangkatmu. Tapi ini berlaku buat pengiriman file ke perangkat dengan akun Google berbeda.

Kalau mengirim file ke perangkat dengan akun Google yang sama, sepertinya ‘aktivitas perizinan’ ini rasanya agak merepotkan, dan bisa dibilang dapat menghambat pengalaman berbagi.

Tapi menurut penuturan dari Mishaal Rahman, sebentar lagi Nearby Share akan memungkinkan kamu berbagi file dengan cepat ke seluruh perangkat yang masuk dengan ‘akun Google yang sama,’ tanpa perlu mendapat izin pemilik perangkat seperti biasa.

Untuk bisa mengirim file tanpa persetujuan, Mishall Rahman mengatakan kalau pengguna harus menyetujui pembagian menggunakan mode “Self Share” yang baru.

Seperti yang bisa kamu lihat, di bawah “Device Visibility” yang ada dalam pengaturan Nearby Share, kamu akan melihat opsi baru yang disebut “Your Devices.” Saat kamu memilih opsi tersebut, kamu bisa berbagi file dengan lancar antar perangkat dengan akun Google yang sama.

File yang dibagikan bakal diunduh secara otomatis di perangkat lain, dan yang paling penting, kamu nggak perlu lagi menyetujui proses transfer file.

Sebagai tambahan, mode Self Share yang ada di Nearby Share hadir di versi terbaru Google Play Service. Tapi saat ini belum bisa diakses oleh publik. Kami juga belum tahu kapan Google berencana untuk mengaktifkan fitur tersebut.

    %d blogger menyukai ini: