5 Negara dengan Internet Super Lambat di Dunia

Internet yang lambat atau lemot memang kerap menjadi masalah ketika browsing. Tidak jarang hal tersebut dapat membuat seseorang emosi.

Misal ketika tengah mengunduh film, kemudian internet tiba-tiba terputus di tengah jalan. Selain itu masih ada masalah lain, seperti buffering parah ketika membuka YouTube.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai negara dengan internet paling lambat di dunia. Data tersebut berdasarkan riset yang dilakukan oleh Worldwide Broadband Speed League 2018. Riset ini dilakukan sejak Juni 2017 sampai Mei 2018.

Setidaknya terdapat 200 negara yang dijadikan bahan riset. Dan ternyata, Indonesia menempati urutan ke 83. Kecepatan internet di Indonesia masih kalah jauh dengan Malaysia, yang menempati urutan ke-48.

Bukan hanya itu, Indonesia bahkan kalah jauh dari Singapura yang menduduki posisi pertama. Singapura mempunyai kecepatan internet 60,39 Mbps, bila dibanding Indonesia yang hanya mempunyai kecepatan internet 5,17 Mbps.

Sumber Gambar : Anugrah Pratama

Berikut 5 negara dengan internet paling lambat di dunia:

Republik Kongo

Negara ini terletak di bagian barat-tengah Afrika. Republik Kongo memang tidak terlalu terkenal. Negara ini bahkan bukan negara maju dan terdepan dalam memanfaatkan teknologi.

Republik Kongo merupakan negara bekas jajahan Perancis. Negara ini menempati urutan ke-10, sebagai negara dengan internet paling lambat di dunia. Republik Kongo mempunyai rata-rata kecepatan download hanya 0,85 Mbps atau 850 Kbps.

Burkina Faso

Burkina Faso merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Bisa dikatakan, negara ini terkurung oleh daratan (landlocked). Atau dalam kata lain, negara ini tidak mempunyai perairan pantai sama sekali.

Beberapa negara yang berbatasan langsung dengan Burkina Faso adalah Togo dan Ghana. Negara ini mempunyai kecepatan internet hanya 0,84 Mbps, bila digunakan untuk download.

Dalam sebuah riset, Burkina Faso membutuhkan waktu 13 jam lebih untuk dapat mengunduh satu film HD. Bayangkan saja bila hal tersebut sampai terjadi di Indonesia. Tentu banyak masyarakat jadi malas bermain internet.

Niger

Niger merupakan negara yang berbeda dengan Nigeria. Nigeria sendiri telah menduduki peringkat ke-152, dari 200 negara yang diriset. Sedangkan Niger berada pada urutan ke-193. Dalam negara Niger, kecepatan internet hanya 0,83 Mbps atau 380 Kbps saja.

Hampir sama dengan Burkina Faso, Niger membutuhkan waktu setidaknya 13 jam 43 menit, untuk dapat mengunduh 1 film HD.

[irp posts=”53705″ name=”Deretan Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia”]

Suriah

Suriah terkenal sebagai negara dengan banyak konflik. Oleh sebab itu, tidak heran bila Suriah termasuk negara dengan koneksi internet sangat buruk.

Negara ini membutuhkan waktu sekitar 14 jam, untuk dapat mengunduh satu film HD. Semoga kedepan, fasilitas internet dalam negara ini dapat membaik.

Mauritania

Nama resmi dari negara ini merupakan Republik Islam Meuritania. Ini merupakan sebuah negara yang berada dalam wilayah Maghreb di Afrika Utara Barat.

Mauritania merupakan salah satu negara yang paling besar di benua Afrika. Walaupun menjadi negara yang paling besar, namun negara masih tergolong peradaban kuno.

Inilah yang menyebabkan perkembangan internet di Mauritania menjadi sangat lambat. Bahkan kecepatan download negara tersebut hanya 0,70 Mbps, atau setara dengan 700 Kbps saja.

Guinea

Negara dengan ibukota bernama Conakry ini menjadi pusat perdagangan, pemerintahan, serta bisnis. Walaupun secara ekonomi, Guinea dapat dibilang tidak terlalu ketinggalan, namun dibutuhkan waktu 17 jam 30 menit, untuk download 1 film.

Hal ini tidak mengejutkan, karena rata-rata kecepatan internet di negara tersebut hanya 0,65 Mbps saja.

Itulah 5 negara dengan internet paling lambat di dunia. Kira-kira, apa yang terjadi jika koneksi internet di Indonesia seperti kelima negara di atas?

More Stories
aplikasi line
Cara Mencari Teman di LINE Itu Mudah