6 Negara Produsen Smartphone Terbesar di Dunia

Hadirnya brand smartphone terkenal bukan berasal dari satu negara saja, melainkan dari beberapa negara. Beberapa negara ini pun mampu menjadi produsen smartphone terbesar di dunia.

Mulai dari Samsung, Apple, Huawei, OPPO, hingga Xiaomi, semua tampil dengan menyuguhkan keunggulannya masing-masing.

Lalu, di manakah brand tersebut dibesarkan? Ini dia daftar-daftar negara penghasil smartphone terbesar di dunia!

Cina

Sumber Gambar : ArenaLTE.com

Sudah menjadi rahasia umum, jika Cina adalah salah satu negara penghasil smartphone terbesar di dunia.  Memiliki tenaga kerja dan bahan material yang cukup murah, membuat beberapa perusahaan besar lebih memilih mendapatkan flagship dari negara tersebut.

Selain itu, Cina juga turut memproduksi 95% material langka bumi yang sebagian besar adalah bahan baku untuk membuat smartphone.

Beberapa smartphone yang diproduksi di negara ini adalah Huawei, OPPO, Xiaomi, bahkan Apple pun berpindah tempat produksi di negara ini. Tak lain dan tak bukan karena biaya produksi di Cina jauh lebih murah.

Korea Selatan

Sumber Gambar : Samsung

Samsung adalah brand smartphone kelas atas yang berasal dari Korea Selatan.  Sebagian kekayaan yang diperoleh negara ini adalah hasil dari produksi smartphone.

Jadi tak heran jika Korea Selatan masuk kedalam negara penghasil smartphone terbesar di dunia, hal ini lantaran Samsung diproduksi di negara tersebut.

India

Sumber Gambar : ZDNet

Pasar smartphone dan gadget di India ini memang sangatlah kuat, jadi tak heran jika banyak perusahaan ternama melirik negara tersebut.

Akhirnya pemerintah India pun mulai membuat program Made in India, yang membuka industri dan investor besar masuk ke dalamnya.

Itulah yang  menjadi jalan bagi negara ini untuk menjadi  salah satu produsen smartphone terbesar di dunia.

Beberapa perusahaan ternama yang telah mempercayakan produksinya meliputi Xiaomi, Huawei, Motorola, Lenovo, Samsung, LG.

Jepang

Sumber Gambar : Sony Mobile Support – Repair

Jepang juga merupakan negara penghasil smartphone terbesar di dunia. Di negara ini banyak sekali produk cutting edge yang dilahirkan, jadi tak heran jika Jepang menjadi andalan untuk membuat inovasi teknologi baru.

Untuk saat ini, Sony masih menjadi pemegang terbesar sebagai produsen smartphone yang ada di Jepang.

Amerika

Sumber Gambar : eBay

Meskipun masih menjadi negara terkuat dalam memproduksi smartphone-nya sendiri, namun Amerika justru tidak didominasi oleh perusahaan-perusahan ternama.

Beberapa perusahaan ternama seperti Apple, HP , dan Google memang  memiliki pabrik di Amerika, namun untuk masalah perakitan dan produksinya, beberapa perusahaan ini memilih berpindah ke negara lain.

Taiwan

Sumber Gambar : ZDNet

Taiwan juga merupakan negara produsen smartphone dan teknologi terbesar di dunia. Acer, ASUS, dan HTC adalah beberapa nama gadget populer yang lahir di negara tersebut.

Lebih mengejutkannya lagi, produksi smartphone HTC justru sebagian besar dibuat dari Taiwan sendiri.

More Stories
Doraemon: Nobita no Bokujou Monogatari, Game Baru dari Nintendo