Gaswat! Netflix Batasi Pengguna yang Suka Berbagi Akun ke Orang Lain

Indri Penulis

Netflix mulai batasi pengguna yang suka berbagi akun dengan orang lain. Wah, buatmu yang sering kaya gitu, wajib hati-hati mulai sekarang nih.

Praktik berbagi kata sandi akun Netflix dengan orang lain sebenarnya sudah menjadi ‘tradisi’ buat sebagian orang. Biasanya praktik ini dilakukan antar sesama keluarga yang malas berlangganan Netflix, dan salah satu anggota keluarga mereka sudah ada yang ikut langganan (istilahnya nebeng bareng anggota keluarga lain lah).

Memang nggak bisa dipungkiri, praktik semacam itu terasa menguntungkan. Cuma bermodalkan satu akun, orang-orang bisa menikmati tayangan Netflix dengan bahagia.

Sayangnya hal tersebut justru bikin Netflix ‘jengkel’ dan merasa dirugikan. Makanya mereka berencana untuk membatasi tindakan pengguna yang suka berbagi kata sandi akun ke orang lain.

Lewat pengumuman resminya beberapa waktu lalu, Netflix mengatakan jika mereka akan menindak praktik ‘berbagi kata sandi’ yang populer di antara ‘orang-orang nggak serumah.’

Tapi kalau dilihat dari isi pengumumannya, sepertinya Netflix nggak 100% melarang pelanggannya berbagi kata sandi. Justru Netflix terlihat memanfaatkan praktik ilegal tersebut demi mendapatkan keuntungan lebih. Pasalnya Netflix mengatakan jika mereka akan memberikan biaya tambahan jika ada pengguna yang ingin berbagi kata sandi akun ke orang lain (seperti dikasih hak istimewa lah).

Di sisi lain dalam sebuah postingan blog, Direktur Inovasi Produk Netflix, Chengyi Long mengatakan:

“Meskipun ini sangat populer (praktik bagi-bagi kata sandi akun), sebenarnya mereka menimbulkan kebingungan tentang kapan dan bagaimana Netflix dapat dibagikan. Akibatnya, akun yang dibagikan dengan beberapa orang memengaruhi kemampuan kami untuk berinvestasi ke serial TV dan film hebat untuk pelanggan kami.”

Sementara itu, pembatasan aktivitas bagi-bagi kata sandi akun belum 100% dilakukan oleh Netflix. Saat ini mereka baru melakukan uji coba di tiga negara yakni Chili, Kosta Rika dan Peru.

Di sana, Netflix tidak hanya membatasi aktivitas bagi-bagi akun secara cuma-cuma. Tapi Netflix juga mulai menerapkan harga tambahan bagi pengguna yang ingin mendapat hak istimewa ‘bisa bagi-bagi kata sandi’ ke orang lain.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Netflix bereksperimen dengan pembatasan berbagi kata sandi. Tahun lalu, mereka juga pernah bereksperimen membuat tools verifikasi akun. Tools tersebut diklaim mampu mencegah orang asing membajak akun pelanggan resmi.

Sampai sekarang belum ada yang tahu sejauh mana Netflix akan membatasi aktivitas berbagi kata sandi pengguna. Siapa tahu suatu saat Netflix akan bikin kebijakan jauh lebih tegas.

Yah, mending selagi masih bisa bagi-bagi akun, kamu nikmati saja aktivitas tersebut (streaming sepuas-puasnya pakai akun keluarga atau temanmu). Kalau nanti pembatasannya sudah hadir di Indonesia, kamu nggak bisa nebeng bareng akun keluarga/temanmu lagi deh. Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: