3 Solusi Jitu Saat Akun Netflix Kamu Dibajak Orang Lain

Indri Penulis

Akun Netflix kamu dibajak orang lain yang nggak dikenal? Bahaya tuh! Kamu bisa coba 3 trik ini untuk mengatasi akun Netflix-mu yang kena hack.

Netflix adalah salah satu platform streaming film/serial terbesar di dunia. Apalagi semakin ke sini, tayangan yang dihadirkan Netflix makin berkelas dan gila. Makanya nggak heran kalau ada banyak orang yang rela merogoh kocek dalam agar bisa berlangganan dan mendapat akses tayangan Netflix sepuasnya.

Sayangnya hal tersebut nggak berlaku buat beberapa orang yang ‘malas pakai model.’ Bukannya ikut langganan Netflix, beberapa oknum yang nggak bertanggung jawab justru membobol akun Netflix orang lain. Mereka ada yang cuma diam-diam nonton tayangan Netflix pakai akun orang lain, tapi ada juga yang sampai mengganti email dan password akun dan menjualnya ke orang lain. Parah banget kan?

Buatmu yang mungkin merasa curiga akunmu sudah dibobol orang lain (atau kamu benar-benar sudah tahu kalau akunmu di-hack), kamu tenang saja. Kali ini saya bakal kasih solusi jitu ketika akun Netflix kamu dibajak orang lain.

Sumber: El Universo

Cek Aktivitas Akun Netflix-mu

Sebelum mengetahui solusi saat akun Netflix-mu dibajak orang lain, sebaiknya kamu cek dulu. Apakah akunmu benar-benar telah dibajak oleh orang lain atau tidak. Begini cara mengetahui akun Netflix dipakai orang lain atau tidak.

  • Masuk ke akunmu: Selain ada hacker yang suka nonton film diam-diam pakai akunmu, ada juga hacker yang coba mengubah informasi akunmu. Coba login ke akunmu. Kalau email dan kata sandinya berubah, bisa dipastikan kalau akunmu sudah dibobol orang lain.
  • Amati tab rekomendasi: Kalau tab rekomendasi di akunmu tiba-tiba tampak aneh, kamu patut waspada. Contohnya ada film yang belum pernah kamu tonton tapi sudah nongol di tab “Watch It Again,” atau tiba-tiba ada serial yang belum ditonton sampai selesai di tab “Continue Watching for” (padahal kamu sama sekali belum menontonnya).
  • Periksa aktivitas menontonmu: Untuk melakukannya kamu bisa klik “Account > Viewing Activity > Recent Device Streaming Activity.” Di sana kamu bisa melihat jika ada lokasi dan perangkat asing yang dipakai hacker buat membobol akunmu.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Akun Netflix Di-Hack?

Kalau kamu sudah mempraktikkan 3 cara di atas, dan akunmu benar-benar terbukti telah diretas orang lain, sekarang saatnya mencoba cara menangani akun Netflix yang di-hack.

Hapus Akses Semua Orang

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus akses akun ke orang lain. Untuk menghapus akses akun Netflix ke orang lain cukup klik “Account > Settings” dan pilih “Sign out of all devices.”

Ganti Password

Sekarang setelah nggak ada orang lain yang mendapat akses ke akunmu, gantilah password akunmu. Untuk mengganti password di aplikasi Netflix Android (opsi ini belum tersedia di aplikasi iOS) cukup klik “More > App Settings > Account > Change Password.” Jangan lupa centang opsi “Require all devices to sign in again with the new password.

Sementara untuk mengganti password di browser bisa kamu lakukan dengan klik ikon profilmu. Setelah itu, pilih “Account” yang ada di menu drop-down. Selanjutnya klik “Membership Billing > Change Password” dan ikuti langkah-langkah yang tersedia di sana.

Minta Bantuan ke Netflix

Cara ketiga ini bisa kamu lakukan kalau situasinya benar-benar berbahaya. Misalnya hacker telah mengubah alamat email akun Netflix-mu. Dengan begitu setiap kali kamu mencoba mengubah kata sandi atau mengganti informasi akun, semuanya akan diketahui oleh hacker.

Untuk meminta bantuan ke Netflix, kamu bisa meminta pemegang akun lain (yang masih punya akses ke akunmu) untuk melaporkan masalah tersebut ke Netflix. Pengaduan bisa dikirim ke pusat dukungan Netflix yang ada di Android dan iOS dengan cara klik “More > Help > Chat atau Call.”

Kamu juga bisa mengakses Netflix Help Center. Nanti di bawah menu “Manage My Account,” kamu bisa pilih “My email was changed without my permission.” Setelah itu kamu tinggal ikuti instruksi yang diberikan Netflix.

    %d blogger menyukai ini: